Belajar Dasar Python #01 : Pengenalan Python

Apa itu Python?

Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang diciptakan oleh Guido Van Rossum yang dirilis pada tahun 1991 dan merupakan bahasa yang sangat populer saat ini karena python adalah salah satu bahasa multi-platform. selain itu python juga banyak diterapkan pada berbagai bidang, seperti Web Development, Game, Data Science, Robotics, Machine Learning, dll. bisa kita katakan  python  ini bahasa pemrograman yang “komplit” untuk era modern.

Python termasuk bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari. sehingga secara visual pun bahasa ini mudah dipahami. dan ada juga sesuatu yang unik yaitu semicolon atau titik koma(;) tidak wajib untuk digunakan.

Python juga bahasa yang sangat dinamis karena mendukung multi-paradigma. dimana kode bisa kita tuliskan dengan cara Prosedural, Object Oriented Programming (OOP) dan Functional Programming seperti pada Java dan Kotlin.

Perkembangan Python

Python mulai dibuat pada tahun 1989 oleh Guido Van Rossum lalu python versi 1.0 dirilis pertama kali pada tahun 1994. Guido Van Rossum menjadi aktor utama pada pengembangan python karena keputusan pengembangan python ditetapkan oleh Guido Van Rossum. sejak tahun 2000, dibentuk lembaga non-profit yaitu Python Software Foundation (PSF) yang mempunyai misi mempromosikan, melindungi, dan memajukan bahasa pemrograman Python, dan untuk mendukung dan memfasilitasi pertumbuhan komunitas programmer python. dan muncullah Python Enhancement Proposals (PEP), pedoman bagi pengembang agar python tetap bertahan kedepannya. salah satu patokannya adalah PEP 20(The Zen of Python) yang merupakan filosofi inti dari bahasa python.

source( https://www.python.org/dev/peps/pep-0020/ )

Saat ini Python masih terus dikembangkan dan sudah sampai pada versi 3.8 dan sebentar lagi akan dirilis versi 3.9, kabarnya tahun 2021 akan dirilis versi 3.10. Selanjutnya kita akan membahas alasan mengapa harus belajar Python.

Mengapa Python Populer?

Python masuk dalam jajaran bahasa pemrograman terpopuler di dunia karena python dapat digunakan dalam berbagai bidang dan juga yang terpenting adalah bahasa pemrograman ini “GRATIS”, Ya python adalah bahasa pemrograman Open Source, sehingga kita dapat menggunakan dan mendistribusikan dengan bebas, bahkan penggunaan secara komersial. python ini sangat cocok untuk pemula, karena memang didesain untuk mudah dipahami dan dipelajari.

Alasan lain yang membuat python ini sangat populer adalah merupakan bahasa pemrograman Multi-Paradigma dan Multi-Platform. Artinya python dapat mengakomodasi berbagai macam gaya/paradigma pemrograman, yaitu Procedural, Object Oriented Programming (OOP), dan juga Functional Programming. dan dapat dikembangkan untuk berbagai macam platform. python juga dapat berjalan dalam berbagai Sistem Operasi. Beberapa contoh penerapan python:

  1. Web Development
  2. Mobile Apps
  3. Desktop Apps
  4. Data Science
  5. Machine Learning
  6. Internet of Things (IoT)
  7. System Scripting

dan lain-lain.

Ada beberapa cara untuk menggunakan python yaitu:

  1. Interaktif

Anda bisa menggunakan python secara interaktif dikarenakan pyhton ini merupakan bahasa interpreted. cukup dengan menjalankan interpreter python atau aplikasi python anda dapat langsung menuliskan barisan kode dan menjalankannya.

2. Script

Kita dapat menuliskan syntax/kode python lalu disimpan dengan ekstensi .py dan menjalankannya. python merupakan salah satu interpreted language, dimana python dapat langsung diterjemahkan ke bahasa mesin tanpa harus di compile terlebih dahulu. ada banyak pilihan code editor ataupun IDE yang dapat teman-teman gunakan untuk menuliskan script python. akan kita bahas lebih lanjut pada tutorial selanjutnya.

3. Notebook

Cara yang ketiga adalah dengan Mode Notebook. untuk menggunakan mode ini anda perlu menginstal Jupyter Notebook atau anda dapat menggunakan Notebook secara online melalui Web Browser anda dengan menggunakan layanan dari Google  yaitu Google Colaboratory, anda dapat mengunjungi link berikut http://colab.research.google.com/. Mode Notebook ini biasanya digunakan untuk penelitian khususnya pada bidang Data Science dan Machine Learning.

Gimana? Apakah teman-teman sudah tertarik untuk belajar bahasa pemrograman python?. Pada seri belajar dasar python ini kita akan menggunakan Cara/Mode Script saja. Selanjutnya kita akan melakukan persiapan untuk belajar bahasa pemrograman python.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.