Belajar Dasar Python #02 : Persiapan Belajar Python

Persiapan

Pada tutorial kali ini kita akan membahas apa saja yang kita perlu kita persiapkan untuk belajar bahasa pemrograman python. tentu saja untuk menjalankan kode/syntax python maka kita perlu menginstall interpreter python atau kita sebut saja aplikasi python. hal lain yang perlu kita siapkan adalah Code Editor atau IDE (Integrated Development Environment) untuk membuat script python, teman-teman hanya perlu menggunakan salah satunya.

Instalasi Python

Untuk menggunakan python dan mempelajarinya tentunya kita perlu menginstall python terlebih dahulu. Pada tutorial ini kita akan menggunakan python versi 3 dapat unduh versi terbarunya di https://www.python.org/downloads/. pada umumnya sistem operasi Linux dan Mac sudah terinstal python secara otomatis. untuk memeriksa versi python yang sudah terinstall, silahkan eksekusi perintah berikut pada console atau Command Prompt.

Untuk Sistem Operasi Windows:
python --version

Untuk Sistem Operasi MacOS/Linux:
python3 --version

berikut adalah langkah-langkah menginstall python pada sistem operasi Windows:

  1. Download file Instalasi python untuk windows pada tautan berikut https://www.python.org/downloads/windows/. dapat memilih executable installer atau web installer.
  2. lalu buka buka file instalasi yang telah kita download. ceklis Add Python 3.xx to Path. lalu klik Install Now. tunggu proses instalasi sampai selesai.

3. lalu klik disable path length limit

lalu untuk Instalasi/Update python di Linux dan MacOs bisa mengunjungi

https://docs.python-guide.org/starting/install3/linux/

https://wsvincent.com/install-python3-mac/

Kita dapat menjalankan kode/syntax python secara langsung melalui Command prompt/Terminal. caranya kita cukup membuka python melalui Command Prompt/Terminal dengan mengetik python atau python3.

Saat kita menuliskan kode dan menekan enter, hasilnya akan langsung ditampilkan di bawah. kita dapat menjalankan seluruh kode/syntax python disini.

Instalasi Code Editor (Visual Studio Code)

Sebenarnya ada banyak Code Editor yang bisa kita gunakan. yaitu Visual Studio Code, Sublime Text, Atom, Notepad++. saya menyarankan teman teman untuk menggunakan  Visual Studio Code, Karena banyak Tools dan Extension yang sangat berguna dengan mudah kita dapatkan. sebelum anda menginstall Visual Studio Code pastikan anda telah menginstall python. menginstall Visual Studio Code di Windows silahkan ikuti panduan berikut.

  1. Download file instalasi Visual Studio Code pada tautan berikut https://code.visualstudio.com/download pastikan anda memilih sistem operasi windows.
  2. Jalankan file instalasinya.
  3. Setujui “License Agreement”, lalu klik next.

4. pada “Select Additional Task”, ceklis pilihan Add to Path agar Environment variable ditambahkan secara otomatis. kemudian klik next lalu install.

5. Tunggu sampai proses instalasi selesai.

Instalasi Visual Studio Code pada MacOS dan Linux dapat mengunjungi:

https://code.visualstudio.com/docs/setup/mac

https://code.visualstudio.com/docs/setup/linux

Kita langsung saja masuk ke Code Editor (Visual Studio Code), langkah pertama membuat folder untuk menyimpan file python, caranya cukup pilih open folder lalu klik select folder. selanjutnya buat file dengan ekstensi .py.

anda dapat klik icon diatas lalu memberi nama file anda (namafile.py).

lalu anda dapat mengetikkan kode/syntax python. print(‘Hello World!’) merupakan kode untuk menampilkan Teks “Hello World!”. lalu simpan file tersebut dengan menekan Ctrl+S.

lalu untuk menjalankannya anda perlu membuka Command Prompt/Terminal terlebih dahulu, Kita dapat membuka terminal langsung di dalam Visual Studio Code dengan cara menekan Ctrl+Shift+` atau membuka menu bar terminal yang berada diatas dan klik new terminal.

lalu ketik pyhton namafile.py atau python3 namafile.py bila anda menggunakan Mac atau Linux. berikut adalah hasil runningnya.

Instalasi IDE (Integrated Development Environtment)

IDE merupakan program komputer yang memiliki beberapa fasilitas untuk membantu dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak. ada berbagai macam IDE yang dapat anda gunakan untuk mengembangkan aplikasi python salah satunya adalah PyCharm. PyCharm merupakan IDE terbaik untuk pengembangan python, dan banyak digunakan oleh profesional developer. instalasi PyCharm dapat mengikuti ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan Download file instalasi PyCharm Community Edition di https://www.jetbrains.com/pycharm/download/#section=windows. Pilih PyCharm versi Community, karena gratis dan open source.

3. Setelah selesai didownload, jalankan file instalasinya.

4. Klik Next dan install, tunggu prosesnya sampai selesai.

4. Setelah selesai jalankan aplikasinya.

5. Akan ada pilihan tema yang nantinya digunakan, silahkan pilih sesuai keinginan, lalu klik Skip Remaining and Set Defaults. Sampai tahap ini PyCharm sudah dapat digunakan.

Langkah pertama bila anda ingin menggunakan PyCharm anda harus membuat project

Pada lokasi anda dapat memilih tempat file project python disimpan. lalu kita akan menggunakan interpreter/aplikasi python yang sudah kita download tadi, jadi pilih Existing Interpreter lalu pilih System Interpreter. lalu klik Create.

Secara otomatis anda akan dibuatkan file python yaitu main.py, akan tetapi kita akan membuat sendiri file python kita. dengan cara klik kanan pada folder project anda lalu pilih new > python file.

Anda dapat menuliskan kode kedalam editor lalu untuk menjalankan file tersebut klik kanan pada editor lalu pilih Run ‘namafile’ atau dapat menekan Ctrl+Shift+F10.

Lalu akan muncul hasil eksekusi dibagian bawah window.

Pada Seri Belajar Python Dasar kita akan menggunakan Cara/Mode Script saja. Teman-teman dapat memilih menggunakan Code Editor atau IDE. Itu tadi beberapa persiapan untuk mulai belajar python Selanjutnya kita akan belajar mengenai Format Penulisan Kode/Syntax python.

 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.