Belajar Dasar Python #10 : Perulangan While

Perulangan While

Perulangan yang kedua adalah While, pada while blok kode akan terus di eksekusi selama kondisi yang kita masukan bernilai True.

while kondisi:
    perintah()

diatas adalah struktur perulangan while, kondisi akan diperiksa terlebih dahulu, jika kondisi bernilai benar/True maka perintah akan dijalankan sampai kondisi bernilai False.

i = 0 
while i<=10:
    print(i)
    i += 1

Perlu anda perhatikan, ada satu variabel yaitu i yang pertama kali kita inisialisasi, variabel ini lah yang akan kita uji didalam kondisi yaitu i <= 10. artinya selama kondisi tersebut bernilai benar maka perulangan akan terus berlanjut, tentunya kita tidak mau perulangan terus terjadi tanpa henti (infinite looping), maka dari itu kita perlu menambah variabel i setiap perulangan, sehingga nantinya while akan berhenti. bila variabel i tidak ditambahkan maka akan menyebabkan infinite loop, karena kondisi akan selalu benar. untuk menghentikan infinite loop anda perlu menekan Ctrl + C.

i = 0 
while i<=10:
    print(i)

Output:

0
0
0
0
0
0
Traceback (most recent call last):
  File "Perulangan.py", line 38, in 
    print(i)
KeyboardInterrupt
^C

 

Perulangan bertingkat

perulangan bertingkat atau biasa disebut perulangan bersarang(nested loop). sama seperti kondisi if, kita dapat memasukkan perulangan didalam perulangan.

namaHewan = ["sapi","kerbau","harimau"]
for hewan in namaHewan:
    angka = 1
    while angka &lt;= 3:
        print(hewan,angka)
        angka += 1

Output:

sapi 1
sapi 2
sapi 3
kerbau 1
kerbau 2
kerbau 3
harimau 1
harimau 2
harimau 3

Pada perulangan pertama kita menggunakan For untuk melakukan perulangan pada variabel namaHewan, lalu pada perulangan kedua kita menggunakan while. setiap iterasi pada pada For, while harus diselesaikan terlebih dahulu lalu iterasi For akan dilanjutkan. Contoh: iterasi pertama pada For, variabel hewan diisi dengan sapi, lalu akan masuk ke perulangan kedua, perulangan tersebut akan dilakukan 3 kali, lalu lanjut pada iterasi kedua pada For, variabel hewan diisi dengan kerbau, begitu seterusnya sampai perulangan for selesai.

Pada perulangan kita juga dapat menambahkan else. else akan dieksekusi saat perulangan selesai dilakukan.

i = 1
while i &lt;= 5:
    print(i)
    i += 1
else:
    print('Perulangan Telah selesai dilakukan')

Output:

1
2
3
4
5
Perulangan Telah selesai dilakukan

Perulangan akan dilakukan sampai kondisi yang kita tetapkan itu bernilai salah, akan tetapi kadang kita ingin menghentikan perulangan tanpa memeriksa kondisi yang ada, Break memungkinkan kita untuk menghentikan proses suatu perulangan. perulangan akan berhenti jika didalamnya syntax break dijalankan contohnya.

angka = 1
while angka <= 10:
    if angka == 7:
        print('angka 7 ditemukan')
        break
    print(angka)
    angka += 1

perhatikan contoh program diatas kita menghentikan perulangan saat variabel angka sama dengan 7. break hanya akan menghentikan satu perulangan yang ada diatasnya.

namaHewan = ["sapi","kerbau","harimau"]
for hewan in namaHewan:
    angka = 1
    while angka <= 5:
        if angka == 4:
            print('perulangan kedua dihentikan')
            break
        print(hewan,angka)
        angka += 1

Output:

sapi 1
sapi 2
sapi 3
perulangan kedua dihentikan
kerbau 1
kerbau 2
kerbau 3
perulangan kedua dihentikan
harimau 1
harimau 2
harimau 3
perulangan kedua dihentikan

Seperti yang kita tau perulangan pertama adalah perulangan pada list hewan sedangkan perulangan kedua adalah perulangan angkanya, break pada program diatas hanya menghentikan perulangan angkanya sehingga hanya angka 1, 2, dan 3 yang tampil, karena saat angka sama dengan 4 maka perulangan akan dihentikan.

Selanjutnya ada juga yang namanya Continue, syntax ini berfungsi untuk melewati atau tidak mengeksekusi barisan kode lanjutan yang ada dalam perulangan, tapi perulangan tidak dihentikan melainkan akan dilanjutkan pada iterasi berikutnya. mungkin anda akan lebih mudah memahami dengan contoh.

namaHewan = ["sapi","rusa","kerbau","harimau"]
for hewan in namaHewan:
    if hewan == 'kerbau':
        continue
    print(hewan)

Output:

sapi
rusa
harimau

Dapat anda lihat kerbau tidak ditampilkan, dikarenakan kita menggunakan continue pada saat variabel hewan sama dengan kerbau, saat continue dieksekusi maka kode selanjutnya tidak akan dieksekusi melainkan akan dilanjutkan pada iterasi berikutnya.

angka = 1
while angka <= 7:
    if angka == 5:
        angka += 1
        continue
    print('angka',angka)
    angka += 1

Output:

angka 1
angka 2
angka 3
angka 4
angka 6
angka 7

Sama seperti perulangan While diatas dimana bila variabel angka sama dengan 5 akan di-continue ke iterasi selanjutnya. Selanjutnya kita akan mempelajari Fungsi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.