(Final) Belajar Dasar Python #16 : Membuat dan Mengimpor Modul

Membuat dan mengimport modul

Modul merupakan file yang berisi serangkaian fungsi spesifik yang dapat digunakan di dalam program. Modul ini berguna jika kita ingin memecah program menjadi bagian-bagian yang kecil. Modul ini dapat anda gunakan berulang pada file mana saja. Anda dapat menyimpan fungsi yang paling sering anda pakai kedalam modul dan mengimpor modul tersebut dari file mana saja. Membuat modul sama saja seperti membuat file python seperti biasa. Silahkan anda buat dua file python, saya akan membuat file bernama main.py dan module.py. File utama kita adalah main.py sedangkan, modul kita module.py.

Pada file module.py anda dapat membuat fungsi apa saja, dan fungsi tersebut dapat kita gunakan pada file main.py dengan melakukan import. Contoh.

Kode pada file module.py

# modul python

def penjumlahan(a,b):
    return a+b

def pengurangan(a,b):
    return a-b

def perkalian(a,b):
    return a*b

Kode pada file main.py

import module

hasil = module.penjumlahan(2,3)

print('hasilnya adalah',hasil)

File yang dijalankan adalah main.py, dan akan menghasilkan output.

hasilnya adalah 5

Seperti yang anda lihat, kita dapat menggunakan fungsi yang ada di file module.py pada file main.py. Anda dapat membuat fungsi sebanyak apapun pada modul, dan semua fungsi tersebut dapat anda gunakan pada file lain, dengan syarat berada pada folder yang sama. Pada python kita menggunakan keyword ‘import’ untuk mengimpor modul yang sudah kita buat.

import module

Syntax diatas, mengimport modul secara keseluruhan, jadi bila anda ingin menggunakan fungsi yang ada di dalam modul maka kita harus menambahkan awalan nama modul dan titik, lalu nama fungsi. Contoh.

module.penjumlahan(2,3)

Cara yang kedua anda juga dapat me-rename nama modul yang akan diimpor. Dengan ini kita dapat menyingkat nama modul yang panjang.

import module as md

md.penjumlahan(2,3)

Cara yang ketiga kita bisa menggunakan format from namamodul import namafungsi.  cara ketiga ini memungkinkan kita untuk mengimport fungsi spesifik tanpa mengimpor seluruh modul.

from module import penjumlahan

hasil = penjumlahan(2,3)

Pada contoh diatas, kita hanya mengimpor fungsi penjumlahan, sehingga fungsi yang lain tidak bisa kita gunakan, dan anda dapat langsung menggunakannya tanpa harus mengetikkan nama modul diawal. Tentunya anda juga dapat mengimpor beberapa fungsi secara langsung atau bahkan mengimpor semua fungsi yang ada di dalam modul dengan menggunakan (*). Berikut contoh impor beberapa fungsi.

from module import penjumlahan, pengurangan

hasil1 = penjumlahan(2,3)

hasil2 = pengurangan(3,2)

Dan contoh jika ingin mengimpor semua fungsi yang ada di dalam modul.

from module import * hasil1 = penjumlahan(2,3)
 
hasil2 = pengurangan(3,2) hasil3 = perkalian(3,3)

Itu tadi penjelasan tentang cara membuat modul dan mengimpor modul. Sebenarnya didalam python sudah tersedia modul standar yang dapat kita gunakan, modul ini terletak pada folder Lib di dalam folder tempat anda menginstall python. Modul standar dapat diimpor dengan cara yang sama dengan modul yang kita buat sendiri. Anda dapat melihat dan semua modul standar pada link berikut.

https://docs.python.org/3/py-modindex.html 

Penutup

Artikel ini merupakan artikel terakhir dari Seri Belajar Dasar Python, lalu selanjutnya apa yang bisa kita pelajari? kalian dapat mempelajari berbagai macam library sesuai dengan kebutuhan kalian, seperti seperti Numpy (komputasi saintifik), Matplotlib (Visualisasi Data), Pandas (Pengolahan Data), Tensorflow (Machine Learning), Flask/Django (Pemrograman Web), Tkinter (Pembuatan GUI), Pygame (Pengembangan Game), dan masih banyak lagi.

Namun, semua library yang saya sebutkan diatas menggunakan Paradigma Object Oriented Programming. sehingga teman-teman harus mempelajari Object Oriented Programming dulu sebelum mempelajari libraries yang disebutkan di atas.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada teman-teman telah membaca Seri Belajar Dasar Python ini sampai akhir. Semoga tutorial-tutorial ini dapat membantu anda memahami bahasa pemrograman python dengan baik.

Nantikan tutorial-tutorial selanjutnya….. 🙂

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.