Seri 2 Belajar Gambas3: Daftar Menu dari Gambas3

Bismillaahirrohmaanirrohiim.

Kali ini penulis ingin memberikan sedikit gambaran tentang Gambas3, Nah..setelah kita mengenal dan tahu bagaimana cara membuka dan menjalankan aplikasi ini melalui postingan sebelumnya, selanjutnya apa-apa saja sih menu yang ada di dalam Gambas3.

Dikatakan sebelumnya bahwa Gambas3 merupakan jelmaan dari aplikasi Visual Basic, namun berbasis GUI (Graphic User Interface). GUI berarti metode interaksi secara free antara pengguna dan komputer dengan mudah. Jika Anda mahir dalam VB maka bisa dijamin Anda lebih mudah dalam mempelajari Gambas3.
Ikuti Tulisan ini yah… jangan di skip !!

Mari kita bahas apa-apa saja sih menu yang ada di Gambas3 seperti pada gambar di atas.

    1. adalah bagian Menu Bar yang berisikan perintah Gambas3. Menu ini dapat dipilih untuk melakukan instruksi-instruksi tertentu di Gambas3.
    2. adalah Toolbar, tombol-tombol yang tampil dalam bentuk icon kecil yang mewakili suatu instruksi tertentu. Tombol-tombol tersebut digunakan dengan cara meng-click-nya sesuai instruksi yang diinginkan.
    3. Toolbox adalah sebuah bagian yang berisi objek atau kontrol yang dibutuhkan untuk membuat sebuah program aplikasi. Kontrol merupakan sebuah objek yang nantinya akan menjadi interface (penghubung) antar program dengan user. Komponen dalam Toolbox pada Gambas3 dapat dilihat di bawah ini
       
    4. Penjelasan tentang masing-masing komponen standar yang ada dalam toolbox:
      Select bukan sebuah kontrol, select digunakan untuk memilih kontrol yang sudah ada pada sebuah form.
      Label digunakan sebagai teks statis yang tidak bisa diedit, biasanya digunakan untuk memberi nama pada kontrol yang lain seperti TextBox dan sebagainya.
      Scrollbar digunakan untuk menampilakan atau scroll tulisan/teks yang jumlahnya banyak dan tidak cukup dalam satu tampilan saja, sehingga digunakan scroll untuk menampilan tulisan selanjutnya.
      Separator digunakan sebagai kontrol garis pemisah agar tampilan yang user gunakan dapat lebih menarik.
      Slider digunkan sebagai kontrol tambahan dalam form sehingga form bisa terlihat lebih hidup.
      TextArea digunakan untuk menampilkan area yang berisi kumpulan text yang user masukkan.
      TextBox berisi string dari karakter yang dapat diisi oleh user.
      ToggleButton berfungsi sebagai tombol peralihan atau beralih perintah selanjutnya.
      Button hampir serupa dengan ToggleButton,ColorButton dan button-button yang lain. Button muncul pada setiap form, biasanya digunakan untuk menangkap kejadian berupa mouse click.
      CheckBox digunakan dalam suatu grup, dimana seorang user dapat memilih salah satu saja dalam satu grup.
      ComboBox dimana daftar item hanya akan ditampilkan jika user meng-click pada panah ke bawah disebelah kanan kontrol tersebut.
      PictureBox digunakan untuk menampilkan gambar.
      BottonBox berfungsi sebagai kontrol yang dapat menampilakan pilihan lain setelah titik-titik pada kontrol sebelah kanan di-click.
      LCDLabel berfungsi sebagai tampilah waktu/timer dan sejenisnya.
      URLLabel berfungsi menampilan alamat URL.
    5. From merupakan daerah kerja utama , tempat membuat program aplikasi. Komponen toolbox diletakkan pada form sesuai dengan fungsinya masing-masing. Apabila program aplikasi dijalankan maka semua komponen pada form akan ditampilkan.
    6. Project Explorer adalah jendela yang mengandung semua file dalam aplikasi Gambas3. Setiap aplikasi pada Gambas3 disebut project dan setiap project dapat terdiri dari satu atau lebih dari satu file. Project explorer akan menampilkan semua file yang ada pada aplikasi misalnya form, modul, class dan sebagainya.
    7. Menu Properties berisi informasi dari sebuah objek yang dipilih dari toolbox. Property adalah sifat objek seperti nama, warna, ukuran, posisi dll.
    8. Class berfungsi sebagai tempat memasukkan kode-kode atau sintak yang diinginkan.

Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan lebih dan kurangnya mohon dimaafkan, Terimakasih banyak telah membaca postingan ini, Selamat Mencoba…..Semangat!!.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.