Seri 4 Belajar GNU/Linux: Mengatasi Masalah “Failed to Mount NTFS Drives”

Bismillaahirrohmaanirrohiim.

Kali ini penulis ingin memberikan solusi mengatasi masalah “Failed to mount ‘New Volume'” misalnya . Mengapa ??,, yah penulis memilih membahas masalah ini karena, sebagaimana biasanya, ketika penulis pertama kali memasang salah satu distro GNU/Linux di Laptop, dan saat ingin membuka data D atau E, penulis dapati tampilan seperti ini.

Pada gambar diatas, penulis tidak bisa mengakses drives dari Laptop Lenovo yang barusan penulis selesai instal salah satu distro andalan penulis yaitu GNU/Linux Linux Lite 3.8 versi 32 bit di prosesor 64 bit (ini juga penulis tulis untuk menyibukkan diri saat sedang menyusun hasil penelitian, hmm). Setelah itu, penulis teringat dengan perintah ini:

sudo mount -o remount, rw /dev/sda5

lalu mencobanya di Terminal. Namun, perintah diatas ternyata tidak berhasil (namun dibeberapa kasus perintah diatas berfungsi dengan baik).

Saat penulis ingin membuka drive sda2 (drive yang berisi instalan OS Windows dari Laptop ini), gagal saat menggunakan perintah diatas. Hasilnya seperti ini.

Jadi, saran penulis tidak usah membuka drive tersebut. Karena penulis juga tidak tahu bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

Sedangkan untuk drive lain (pada Laptop ini ada 2 penyimpanan data pribadi si pemilik Laptop). Setelah berkelana di google lalu membuka forum Ask Ubuntu, penulis mendapatkan satu lagi perintah yang pernah juga penulis gunakan saat Dual Boot dulu, yaitu:

sudo ntfsfix /dev/sda5

dan Alhamdulillah ternyata perintah ini berhasil. Penulis baru teringat bahwa Laptop yang penulis dapati masalahnya ini barusan penulis pasang Dual Boot dan Harddisk Internal dari Laptop ini bertipe NTFS, jadi perintah kedua diatas berfungsi pada Laptop yang dipasangkan Dual Boot. Berikut hasilnya:


Jadi, untuk teman-teman yang mendapatkan masalah diatas, bisa menggunakan salah satu dari dua perintah diatas. Maksud dari sda5 adalah nama partisi/penyimpanan dari Harddisk Internal Laptop Anda.

Jika ingin mempelajari GNU/Linux, penulis sarankan kepada teman-teman untuk menggunakan distro yang satu ini, yaitu Linux Lite. Untuk mempelajari sedikit tentang GNU/Linux, teman-teman bisa membaca postingan dari LABKOMMAT lalu cari tag GNU/Linux. Jika ingin dipasangkan Dual Boot, bisa mengunjungi “Markas” asisten LABKOMMAT FMIPA UNM di Gedung FG lantai 3 Jurusan Matematika FMIPA UNM (cari ruang pelayanan LABKOMMAT) atau menghubungi penulis di Telegram @alifrezky.

Mungkin itu saja, semoga tulisan ini dapat menjadi hujjah (saksi) bagi penulis di akhirat kelak. Jika benar itu datangnya dari Allah subhaanahu waa ta’aalaa, semoga bermanfaat dan jika salah itu datangnya dari penulis yang masih dangkal ilmunya tentang Free Software dan masih belajar ini. Jangan lupa bagikan tulisan ini kepada teman-teman Anda. Jika ada kritik dan saran maupun pertanyaan silahkan mengirimnya di kolom komentar untuk didiskusikan bersama.

Syukron, Jazaakumullaah Khair, wa Baarakalaah Fiikum.

Allahu a’lam.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.