Belajar GeoGebra #1: Pengenalan Free Software dengan Ciri Khas Geometri Ini

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Tutorial kali ini, kami akan mengenalkan salah satu free software andalan untuk menyelesaikan berbagai persoalan matematika khususnya geometri, apa itu?

Tahu tidak apa itu GEOGEBRA? Mungkin dari kalian masih banyak yang masih belum tahu atau masih asing dengan aplikasi yang satu ini. Nah, sekarang saya akan menjelaskan apa sih GEOGEBRA itu.

Geogebra merupakan software matematika dinamis dan interaktif untuk semua tingkat pendidikan yang menyatukan berbagai materi dalam matematika seperti geometri, aljabar, spreadsheet, grafik, statistik dan kalkulus. Selain dinamis, geogebra juga merupakan perangkat lunak yang bebas. Artinya, geogebra bebas untuk digunakan serta digandakan dan juga termasuk perangkat lunak open-source. Geogebra juga salah satu perangkat lunak yang dapat tersedia untuk segala jenis komputer seperti windows, linux, Mac OS dan masih banyak yang lainnya.

Software yang dikembangkan oleh Markus Hohenwarter dapat digunakan secara gratis oleh Anda terutama sebagai siswa, guru, atau orang tua karena geogebra ini merupakan aplikasi free-software. Geogebra menawarkan 2 representasi objek yaitu komponen aljabar yang tersedia dalam bentuk numerik seperti persamaan dan koordinat serta komponen geometri yang menampilkan objek dalam bentuk visual. Kedua representasi ini dapat saja diubah oleh pengguna. Misalnya, dari representasi geometri yang diubah bentuknya dengan menggunakan mouse sehingga representasi aljabarnya yang berbentuk numerik akan berubah nilainya menyesuaikan representasi geometri yang telah diubah sebelumnya. Sebaliknya, jika dari representasi aljabar maka nilainya dapat diubah dengan menggunakan keyboard yang akan mengakibatkanrepresentasi geometrinya akan berubah menyesuaikan nilai aljabarnya.

Salah satu contoh penggunaan yang sangat sederhana misalnya pada kotak isian input saya memasukan fungsi kuadrat. Maka setelah menekan tombol [Enter] grafik fungsi kuadrat tersebut akan ditampilkan. Dengan menggunakan tool point yang disediakan, saya mengklik dua titik perpotongan grafik tersebut dengan sumbu x, sebagai penyelesaian dimana y=0. Selain itu sebagai contoh juga dapat di gunakan dalam pembelajaran integral Tentunya GeoGebra dapat pula digunakan untuk menyelesaikan dan menggambarkan berbagai persoalan matematika yang lebih kompleks.

Mungkin itu saja, semoga bermanfaat. Terus pelajari free software agar mudah meninggalkan nonfree software / software ilegal yah. Jazaakumullaahu khairan wa baarakallaah fiik.

ditulis oleh: Rezky Fadillah Kasim

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.