Seri 4 Belajar Gambas3 : LCDlabel

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Pada tulisan kali ini, kami ingin memperlihatkan bagaimana cara atau salah satu pemanfaatan dari komponen yang ada pada Gambas3 khususnya LCDlabel. Sebelumnya kalian pasti sudah tahu dan tak asing dengan kata LCD. LCD identik dengan tampilan atau layar yang lebih hemat energi. LCD itu sendiri merupakan teknologi layar digital yang menghasilkan citra pada sebuah permukaan yang rata (flat) dengan memberi sinar pada kristal cair dan filter berwarna, yang mempunyai struktur molekul polar, diapit antara dua elektroda yang transparan. Tapi Liquid Crystal itu tidak secara langsung memancarkan cahaya. Bila medan listrik diberikan, molekul menyesuaikan posisinya pada medan, membentuk susunan kristalin yang mempolarisasi cahaya yang melaluinya.

Biasanya LCD ini di gunakan untuk monitor komputer, televisi, panel instrumen, menampilkan pesawat kokpit, signage, dan sejenisnya. Misalkan layar kecil pada kalkulator, jam tangan digital, dan panel layar kecil yang ada di tape recorder atau CD, VCD, atau DVD player. Dengan LCD ini tampilan gambar akan kelihatan halus dan luas di banding dengan model CRT karena tidak menggunakan fosfor dan tidak terjadi gambar burn in.[1]

Setelah membaca beberapa penjelasan kami diatas, kami akan memperlihatkan cara membuat program sederhana tampilan LCD waktu dengan menggunakan komponen LCDlabel dalam Gambas3, berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka Gambas3 Anda kemudian siapkan Fmain untuk mengedit tampilannya
  2. Arahkan kursor dan pilih LCDlabel yang terdapat dalam komponen Gambas3
  3. Agar tampilan timer lebih menarik, kita edit tampilannya pada menu Properties seperti berikut:
    Background : Black
    Foreground : Cyan (atau warna yang lebih terang)
    Highlightcolor : (warna yang Anda inginkan). Propertis ini untuk penampilan warna lapisan luar atau warna terang dari foreground-nya
  4. Kemudian arahkan kursor pada komponen yang terdapat di menu special dan pilih timer, kemudian ubah propertisnya seperti berikut:
    Delay : 1000
    Enabled : true
  5. Masukkan perintah berikut pada timer :
    LCDLabel1.text=Str(Time(Now))

  6. Setelah itu, play
  7. Jika programnya berhasil, simpan program tersebut pada folder yang Anda inginkan.

Mungkin itu saja, semoga postingan kali ini bermanfaat untuk Anda. Kalau ada yang benar itu datangnya dari Allah subhanahu wa ta’ala, kalau ada salah dalam bahasa dan tulisan ini datangnya dari kami. Oleh karena itu kami sangat mengharapkan kritik dan masukan Anda di kolom komentar untuk dibahas bersama atau request topik yang diinginkan untuk kami terbitkan di postingan selanjutnya. Jika dirasa bermanfaat, tolong untuk di bagikan ke teman-teman Anda agar mereka juga bisa mempelajari dan mengetahui informasi pada postingan ini.

Syukron, Jazaakumullaahu Khairan.

Referensi:
[1] https://elekkomp.blogspot.com/2017/12/pengertian-lcd-dan-fungsinya.html

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.