Membuat Animasi Burung Terbang dengan Menggunakan GeoGebra

Seperti yang telah diketahui bahwa GeoGebra merupakan aplikasi/software berbasis Geometri dan Algebra (Aljabar). Namun, GeoGebra tidak terbatas hanya digunakan sebagai salah satu media pembelajaran matematika saja, tetapi disisi lain, dari GeoGebra kita bisa membuat hal yang lebih menarik seperti membuat animasi atau karya yang berkaitan dengan seni. Nah pada kesempatan kali ini kami akan menunjukkan tutorial membuat Animasi Burung Terbang dengan menggunakan GeoGebra.

  1. Langkah pertama download gambar burung seperti yang ada pada gambar berikut

  1. Selanjutnya, crop gambar 1 dan gambar 2 lalu simpan sebagai gambar (jpg) seperti gambar berikut

         

  1. Masuk ke aplikasi Geogebra dengan tampilan awal sebagai berikut

  1. Selanjutnya pilih icon slider seperti gambar di bawah ini

  1. Akan muncul tampilan seperti gambar berikut

 

  1. Namakan slider a dengan mengisi kotak Min=-5, Max=5 dan Increment=0.001 biar lebih smooth. Lalu klik OK. Seperti gambar dibawah ini

 

  1. Selanjutnya pilih icon slider seperti gambar di bawah ini

  1. Akan muncul tampilan seperti gambar berikut

 

  1. Namakan slider b dengan mengisi kotak Min=0, Max=50 dan Increment=1. Lalu klik OK. Seperti gambar dibawah ini

 

  1. Setelah itu kita masuk ke input lalu ketik Mod dan pilih Mod[<Dividend Number>, <Divisor Number>]. Lalu muncul seperti gambar dibawah

 

  1. Lalu gantikan Dividend Number dengan b serta Divisor Number dengan 2

 

  1. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini

 

  1. Setelah itu, masukkan persamaan y=sin(x) pada kolom input seperti gambar berikut

 

  1. Masukkan gambar burung yang sudah di crop tadi ke dalam geogebra, dengan memilih icon slider lalu klik panah kecil di bawah ujung kanan icon lalu pilih image selanjutnya cari kedua gambar burung yang sudah di simpan menggunakan format jpg seperti gambar berikut

 

  1. Selanjutnya, klik kanan di poin C lalu pilih Object Properties pada bagian basic ubah definitionnya menjadi (a,f(a)) seperti gambar berikut

  1. Selanjutnya, klik poin D lalu ubah valuenya menjadi (a+1.5,f(a)) seperti gambar berikut

 

  1. Kemudian, klik poin A lalu ubah valuenya menjadi (a,f(a)) seperti gambar berikut

  1. Selanjutnya, klik poin B lalu ubah valuenya menjadi (a+1.5,f(a)) seperti gambar berikut

 

  1. Selanjutnya akan tampil seperti gambar berikut

 

  1. Setelah itu, klik kanan pada gambarnya, lalu pilih object properties, kemudian klik Pic1 dan pilih menu Advanced . pada kolom Condition to show object ketik c dan masukkan simbol ≟ yang ada diujung bagian kanan kolom Condition to show object lalu diikuti angka 0 seperti yang terlihat pada gambar berikut

 

  1. Selanjutnya, klik Pic2 dan pilih menu Advanced . pada kolom Condition to show object ketik c dan masukkan simbol ≟ yang ada diujung bagian kanan kolom Condition to show object lalu diikuti angka 1 seperti yang terlihat pada gambar berikut

 

  1. Klik kanan dibagian tampilan lalu hilangkan axes dan grid lalu sembunyikan poin A, B, C, D, sembunyikan slider a, b, c, sembunyikan juga fungsi f. selanjutnya akan muncul tampilan berikut

 

  1. Terakhir, klik kanan number a lalu pilih animaton on dan klik kanan number b lalu klik animation on, maka akan muncul gambar burung yang terbang dan bergerak

 

 

 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.