Membuat Animasi Sistem Tata Surya Menggunakan Software Geogebra

Sistem tata surya adalah susunan benda-benda langit seperti planet, asteroid dan satelit yang bergerak mengelilingi matahari. Sistem tata surya termasuk dalam bagian alam semesta yang sangat luas. Tata surya terletak dalam salah satu galaksi yang ada di alam semesta ini bernama galaksi bimasaksi.

Untuk mensimulasikan atau membuat animasi sistem tata surya anda dapat menggunakan berbagai software atau aplikasi 3D, namun tidak perlu software 3D yang mempunyai ukuran besar dan berat untuk dijalankan, karena cukup dengan software Geogebra yang tentunya cukup ringan, anda sudah bisa membuat animasi sistem tata surya layaknya menggunakan software 3D.

Berikut langkah – langkah yang dapat diikuti :

 

  1. Buka aplikasi Geogebra.
  2. Kemudian buat titik baru tepat di titik (0,0).
  3. Setelah itu buat lingkaran dengan menggunakan toolbar Circle with center and Radius. Buat sebanyak 8 lingkaran yang nantinya akan menjadi lintasan dari planet-planet yang ada di tata surya. Klik pada titik A yang telah dibuat tadi masukkan jari-jarinya berturut-turut 5, 7, 9.5, 12, 15.5, 20.5, 27.5, dan 30.5 hingga 8 lingkaran. Setelah itu buat titik di masing masing lingkaran tepat di titik x=0.
  4. Kemudian buat slider dengan menggunakan toolbar Slider. Ingat untuk mengubah dari number ke angle karena kita akan membuat rotasi pada lingkaran nantinya. Kemudian masukkan interval max 3600°. Kita akan membuat rotasi terhadap titik A sebanyak 10 kali rotasi. Lalu masukkan increment 0.5°. Nah pada animasi, isi kecepatannya 0.03 dan repeatnya pilih Increasing
  5. Setelah itu tampilkan tampilan 3D dengan klik pada menu bar View lalu klik 3D Graphics. Maka tampilan 3D akan muncul di sebelah kanan layar seperti pada gambar di bawah.
  6. Untuk membuat rotasi pada setiap titik dibuat, klik toolbar Rotate Around Point. Klik titik yang akan dirotasikan lalu klik titik A(titik yang akan menjadi pusat rotasi).
  7. Masukkan sudut rotasi 2.8 α untuk titik B, kemudian 2.7 α, 2.5 α, 2.3 α, 2.1 α, 1.9 α, 1.7 α, 1.5 α, berturut-turut untuk titik C,D,E,F,G,H, dan i. Maka akan muncul titik rotasi seperti B’ dst.
  8. Kemudian kita buat planet-planet dengan menggunakan toolbar Sphere With Radius. Klik Sphere With Radius lalu klik titik pada 3D graphics yang telah diberikan rotasi sebelumnya. Buat sphere sebanyak 8 dengan jari-jari yang berbeda-beda sesuai dengan planet yang akan dibuat. Misalkan untuk bola yang akan jadi planet Jupiter(planet ke-5) maka diberi ukuran paling besar dibanding dengan bola yang lain.
  9. Untuk menghilangkan tampilan label kita klik 2 kali pada objek kemudian klik properties. Nah buka centang pada tampilan label.
  10. Langkah selanjutnya kita ubah warna lingkaran yang akan berfungsi sebagai lintasan tata surya. Kita beri warna putih. Bisa juga sesuai dengan warna yang kita inginkan. Kita klik 2 kali pada garis lingkaran kemudian klik properties. Pilih warna
  11. Kemudian kita ganti warna background 3D Graphcs menjadi hitam. Klik kanan pada layar bagian 3D Graphics, pilih Graphics. Kemudian pilih warna.
  12. Buat lagi sebuah bola di titik A dengan ukuran yang lebih besar lagi dibandingkan dengan bola-bola sebelumnya.
  13. Selanjutnya ganti setiap warna bola. Pilih warna sesuai yang diinginkan.
  14. Langkah selanjutnya kita akan membuat tombol yang akan memudahkan untuk menghidupkan animasi. Klik pada toolbar Button. Buat pada layar 2D kemudian klik 2 kali dan akan muncul permintaan untuk mengisi nama tombol dan skrip. Beri nama Start, kemudian masukkan skrip StartAnimation(α) seperti pada gambar di bawah.
  15. Selanjutnya kita buat tombol Stop. Dengan Skrip StartAnimation(false) seperti pada gambar di bawah.
  16. Untuk menyembunyikan sumbu kita bisa klik kanan pada tampilan 3D Graphics kemudian pilih Graphics. Buka centang pada tampilan sumbu X dan sumbu Y. Maka tampilan animasi Susunan Tata Surya yang kita buat akan seperti gambar di bawah ini.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *