Cara Membuat Screenshot Bergerak di PC

Pengenalan ekstensi gambar

Membuat screenshot bergerak — Dalam jenis-jenis ekstensi gambar setiap ekstensi memiliki fungsi dan kelebihan masing-masing. Yang paling umum diketahui adalah JPG, PNG, dan GIF. JPG atau yang lebih dikenal dengan JPEG (Joint Photographic Experts Group) merupakan skema kompresi file bitmap, jenis ini merupakan ekstensi yang digunakan untuk file gambar, baik pada PC maupun smartphone. Selain JPEG, PNG dan GIF juga merupakan ekstensi yang digunakan untuk file gambar. Bedanya dengan JPEG, kedua jenis tersebut mendukung gambar transparan. Jadi file gambar JPG tidak bisa transparan.

Secara garis besar perbedaan yang dimiliki oleh jenis GIF dan PNG terletak pada kemampuan file GIF untuk mengolah gambar secara muliframe. Sehingga file GIF dapat berupa gambar bergerak yang diputar berulang-ulang setiap mencapai bagian akhirnya. Namun kelemahannya terletak pada kualitas gambar yang dihasilkannya. Bitmap jenis GIF mendukung 256 jenis warna namun hanya dapat menyimpan gambar dalam 8 bit. Format GIF hanya mampu digunakan pada mode grayscale, bitmap, dan index color.

Berbicara tentang gambar bergerak, perlu dipertegas bahwa gambar bergerak berbeda dengan video. Gambar bergerak tidak akan menghasilkan suara serta kualitas gambar yang dihasilkan tidak sebagus video. Umumnya file gambar bergerak digunakan untuk menunjukkan ilustrasi dan simulasi untuk menjelaskan suatu keadaan.

Screenshot gambar bergerak

ScreenToGif test recorder

Download ScreenToGif

Dari hal tersebut maka dibuat inovasi untuk membuat gambar bergerak secara lebih cepat dengan mengambil tangkapan dari tampilan layar, atau yang disebut screenshot. Anda dapat membuat screenshot dengan mengambil gambar tampilan pada layar yang disimpan dalam sebuah frame terhadap satuan waktu. Artinya anda dapat membuat screenshot bergerak dari layar PC anda.

Untuk membuat screenshot bergerak, anda dapat menggunakan berbagai aplikasi di internet yang tersedia secara gratis. Salah satu yang dapat anda coba adalah aplikasi ScreenToGif. Aplikasi ini akan mengambil tangkapan gambar di layar setiap waktu tertentu. Hasilnya akan dibuat dalam bentuk gambar dengan tipe GIF, gambar yang bergerak. Anda bisa mendapatkan aplikasi tersebut pada link berikut.

Download ScreenToGif

Menggunakan ScreenToGif

Pada dasarnya aplikasi ini mempunyai cara kerja yang amat sederhana. Ketika mulai dibuka, aplikasi ini akan menampilkan menu pilihan untuk membuat dan mengolah gambar GIF. Untuk membuat screenshot gambar bergerak, silakan pilih Recorder.

 

Cara Membuat Creenshot Bergerak di PC

Setelah itu akan muncul bingkai jendela. Jendela tersebut akan merekam segala aktifitas yang ada di dalamnya setelah proses merekam dimulai. Terdapat beberapa pengaturan di bagian bawahnya.

  • Tombol snap to window berfungsi sebagai pengatur ukuran bingkai jendela yang disesuaikan dengan ukuran suatu jendela aplikasi yang sedang terbuka.
  • Tombol options sebagai tombol pengaturan, kustomisasi dan penyesuaian tentang aplikasi ini dapat anda atur didalamnya.
  • Kotak teks pengatur FPS, angka tersebut menunjukkan jumlah frame yang direkam setiap satu detik. Pengaturan ini akan menentukan seberapa halus gerakan dalam perekaman layar anda.
  • Ukuran pasti perekam layar, dua kotak teks yang berisi angka tersebut menunjukkan ukuran lebar x tinggi bingkai jendela perekam layar anda dengan satuan pixel (px).
  • Tombol record, tombol ini berfungsi memulai proses merekam. Secara default tombol ini dapat juga menggunakan tombol F7 pada keyboard, anda dapat mengubahnya sesuai keinginan anda dengan menekan tombol options.
  • Tombol stop, tombol ini berfungsi untuk menghentikan proses merekam. Secara default tombol ini dapat juga menggunakan tombol F8 pada keyboard, anda dapat mengubahnya sesuai keinginan anda dengan menekan tombol options.

cara membuat screenshot bergerak dengan aplikasi screentogif

Setelah melakukan proses perekaman dengan menekan tombol record untuk memulai dan menekan tombol stop untuk menghentikan proses merekam, selanjutnya anda akan diarahkan ke jendela editor untuk mengolah hasil gambar yang telah direkam. Pada jendela editor ini anda dapat melakukan perubahan terhadap hasil screenshot sebelum disimpan. Anda dapat menghapus bagian yang tidak diperlukan, anda dapat menggandakan frame tertentu, memberikan watermark, memotong gambar, menambahkan caption pada gambar, serta berbagai pengaturan kustomisasi sesuai kebutuhan anda.

ScreenToGif editor windows to manage GIF screenshot

Itulah beberapa penjelasan singkat tentang cara membuat screenshot bergerak dan aplikasi apa yang digunakan. Aplikasi tersebut dapat memudahkan anda untuk membuat screenshot yang dapat bergerak dengan menggunakan gambar berjenis GIF. Screenshot bergerak tersebut dapat anda gunakan sesuai kebutuhan anda dan dapat mempermudah anda dalam membuat petunjuk tutorial bagi orang lain.

Artikel Terkait

Satu komentar pada “Cara Membuat Screenshot Bergerak di PC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.