Seri 5 Belajar Inkscape : Membuat Background Gradasi

Ditutorial kali ini , penulis akan berbagi tutorial sederhana yaitu membuat backround gradasi pada Inkscape . Tentu aplikasi Inkscape sudah tidak asing bagi para pengguna Free Software dan pengguna lain . Inkscape adalah perangkat lunak pengolah vector yang sifatnya open source (free) dan tujuan utamanya menjadi perangkat pengolah grafik vector yang memenuhi standar XML, SVG dan CSS. Inkscape sama seperti software Corel Draw, Adobe Illustrator dan lainnya, berbedanya Inkscape dengan Software lainnya adalah penggunaan SVG (Scalable Vector Graphics) yang sekarang memenuhi standar XML W3C.

Ditulisan sebelumnya kita telah mempelajari cara membuat dripping text effect di Inkscape. Dan di kesempatan ini ini kita akan mempelajari bagaimana membuat background gradasi pada Inkscape.

Langkah-langkahnya :

  1. Buka Aplikasi Inkscape
  2. Buat sebuah persegi menggunakan rectangles, pilihlah warna sesuai dengan yang diinginkan
  3. Kemudian copy persegi tersebut menjadi 4
  4. Kemudian tekan CTRL+F1 atau pilih tombol create and edit gradient pada toolbox
  5. Tarik garis disalah satu persegi, Tarik garis dan sesuaikan dengan gradasi yang diinginkan
  6. Drag persegi yang sudah digradasikan ke persegi yang tidak digraradasikan sehingga posisi persegi yang digradasikan berada diatas persegi yang tidak digradasikan.
  7. Hasilnya akan terlihat seperti ini
  8. Langkah terakhir adalah export karya kita ke dalam file gambar berformat.png. Klik File -> Export PNG ImageBerikut beberapa hasil background bergradasi yang telah dibuat menggunakan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya

    Bagaimana? mudah bukan. Dengan artikel ini, semoga kalian yang awalnya belum paham cara membuat Backgound gradasi dengan Inkscape, sekarang menjadi lebih paham dan semoga artikel ini bermanfaat. Sekian untuk artikel kali ini.

Artikel Terkait

Satu komentar pada “Seri 5 Belajar Inkscape : Membuat Background Gradasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.