Pernah tidak pada saat mempelajari HTML kalian merasa perlu menambahkan catatan yang tidak akan ditampilkan pada web? Atau terdapat tag yang tidak ingin diaktifkan tapi bukannya mau dihapus? Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Pada HTML terdapat juga komentar. Komentar merupakan bagian yang akan diabaikan oleh peramban (browser). Komentar tidak akan ditampilkan pada halaman web.

Adapun cara membuat komentar di HTML dapat diperhatikan sesuai langkah-langkah berikut;

Komentar dapat dibuat menggunakan tag <!– –>

Contohnya sebagai berikut:

Kata “contoh komentar” dan “contoh komentar berikutnya” dituliskan di antara tag pembuka komentar dan tag penutup komentar, yang berarti bahwa kata tersebut merupakan komentar.

Tampilan web:

Kata yang merupakan komentar tidak ditampilkan pada halaman web.

Selain cara di atas, terdapat pintasan untuk membuat komentar. Misalnya jika menggunakan Visual Studio Code, kita dapat membuat komentar dengan menekan “Ctrl + /”.  Cara ini lebih efisien daripada harus menuliskan tag komentar secara manual. Pintasan untuk membatalkan atau menghilangkan tag komentar dapat dilakukan dengan cara yang sama.

Meskipun komentar tidak diproses oleh browser, komentar tetap memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Komentar berfungsi untuk menambahkan catatan yang dapat membantu dalam mengerjakan bagian HTML. Ketika sedang mempelajari HTML, bisa jadi kita akan merasa kesulitan mengingat fungsi dan makna dari berbagai tag HTML yang ada. Oleh karena itu, kita dapat membuat catatan sederhana. Selain itu kita juga dapat menambahkan catatan berupa rancangan atau isi dari HTML yang dikerjakan.

Contoh:

  1. Komentar tidak akan ditampilkan pada halaman web dan komentar tidak diproses oleh browser. Oleh karena itu tag atau atribut dalam komentar tidak akan dijalankan ataupun ditampilkan. Sehingga komentar dapat digunakan untuk menon-aktifkan kode HTML tanpa harus menghapusnya.

Contoh:

Tampilan web:

Demikianlah cara membuat komentar dan fungsi dari komentar di HTML, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *