Halo guys, tau ngga sih sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) tidak hanya bisa di selesain dengan cara manual loh, kita juga dapat menggunakan maple untuk penyelesaiannya. Yukk simak pembahasannya.

Sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) adalah suatu persamaan matematika yang terdiri atas dua persamaan linear (PLDV), yang masing-masing bervariabel dua, misalnya variabel x dan variabel y. Persamaan linier dua variabel dengan variabel dan secara umum ditulis sebagai berikut.

 

 

Selesaikan soal SPLDV berikut:

Nah,  selesaikan soal SPLDV diatas menggunakan maple dengan beberapa cara:

  1. Metode Grafik

Metode grafik adalah cara penyelesaian SPLDV yang dilakukan dengan cara menggambar grafik dari kedua persamaan tersebut  pada koordinat cartesius yang kemudian menentukan titik potongnya. Titik potong tersebut merupakan solusi dari sistem persamaan tersebut.

Nah,  berikut syntax dalam penyelesaian soal SPLDV menggunakan maple:

Jika dilihat dari grafik yang terbentuk berpotongan pada titik . Dengan demikian, titik yang dibentuk oleh perpotongan kedua garis tersebut adalah solusi dari sistem persamaan di atas, dengan nilai x=3 dan y=1

  1. Metode Substitusi

Metode substitusi adalah penyelesaian yang melibatkan substitusi satu persamaan ke persamaan lainnya. Metode ini baik digunakan jika salah satu persamaan telah diselesaikan untuk variabel tertentu. Berikut syntax dalam menyelesaikan SPLDV dengan metode substitusi:

Sehingga diperoleh nilai  x=3 dan y=1

  1. Metode Eliminasi

Penyelesaian SPLDV menggunakan metode eliminasi adalah dengan menghapus atau menghilangkan salah satu variabel dalam persamaan tersebut. Berikut syntax dalam menyelesaikan SPLDV menggunakan metode eliminasi.

Sehingga diperoleh nilai x=3 dan y=1

  1. Metode Matriks

Berikut ini adalah syntax yang digunakan untuk mencari nilai dan dengan menggunakan Maple untuk metode matriks

 

Sehingga diperoleh nilai x=3  dan y=1

Sekian artikel mengenai penyelesain SPLDV dengan menggunakan maple. Semoga bermanfaat yaa😉

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *