Pilih jenis dan ukuran huruf pada aplikasi Macromedia Flash

Kadang kala bagi kita yang baru belajar dan baru menggunakan aplikasi Macromedia flash, kita masih belum mengetahui fungsi semua ikon-ikon yang ada, serta belum mengetahui tempat di mana ikon yang akan digunakan berada, contohnya ketika kita telah menulis sesuatu kemudikan kita akan mengubah “jenis dan ukuran huruf” tapi tampilannya sebagai berikut.

Mungkin kita akan kebingungan di mana ikon-ikon yang akan kita gunakan untuk mengubah jenis dan ukuran hurufnya. Padahal caranya itu cukup MUDAH, perhatikan gambar berikut.

Pada kotak merah (tanda yang kami buat), di situ terdapat kata “Actions”, “Help”, dan “Properties” kemudian pada elips biru (tanda yang kami buat) di situ terdapat bentuk segitiga sama kaki yang ujungnya menghadap ke kanan.

Nah sekarang, apa hubungannya dengan cara mengubah jenis dan ukuran huruf? Coba kita klik segitiga yang berada di sebelah kiri properties, maka akan muncul tampilan berikut.

Silahkan lihat properti dari tulisan yang telah kita buat pada kotak merah (tanda yang kami buat). Silahkan atur jenis huruf dan ukuran huruf sesuia keinginan. Caranya juga mudah seperti ketika kita mengubah jenis dan ukuran huruf pada aplikasi-aplikasi yang lain.

Kemudian perhatikan pula tanda lingkaran biru, bisa dilihat bahwa segitiga yang tadinya menghadap ke kanan sekarang sudah menghadap ke bawah, yang menandakan isi dari Properties itu sedang di tampilkan.

Tambahan, ketika kita mengklik segitiga di sebelah kanan tulisan Actions dan Help, maka akan muncul tampilan berikut.

Di mana fungsi dari Actions secara sederhana yaitu untuk memasukkan kode-kode tertentu agar animasi yang dibuat nantinya bisa “beraksi” sesuai keinginan kita (sesuai kode yang dimasukkan). Sedangkan Help sesuai namanya yaitu untuk membantu kita dalam mengetahui informasi yang ada dalam aplikasi ini.

Jika kita terganggu dengan tampilan itu, silahkan klik kembali segitiga yang akan kita sembunyikan tampilannya, misalnya jika kita tidak memerlukan tampikan Actions, silahkan tekan segitiga yang berada di sebelah kiri kata Actions.

Sekian pembahasan kita mengenai cara memilih jenis dan ukuran huruf pada macromedia flash, caranya cukup mudah bukan? Mudah-mudahan setelah membacanya kita bisa menambah ilmu baru. Sekian dan terima kasih

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Artikel Terkait

Satu komentar pada “Pilih jenis dan ukuran huruf pada aplikasi Macromedia Flash

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.