Seri 2 Belajar InkScape: Cara Mudah Menggandakan Objek

Bismillahirrohmanirrohiim.

Judul asli: “Menggandakan objek menggunakan perintah clone di InkScape”
ditulis oleh: Hikma Aulia

Ketika kita menggandakan sebuah objek di software InkScape dan lain sebagainya kebanyakan menggunakan perintah apasih?, mungkin perintah yang paling sering kita gunakan adalah copy-paste. Di software design grafis biasanya juga di gunakan perintah duplicate untuk menggandakan objek, apasih bedanya antara copy-paste dengan duplicate?. Copy-paste adalah perintah menggandakan objek apa saja, biasanya suatu objek di-copy terlebih dahulu lalu di-paste di tempat yang di inginkan. Sedangkan duplicate adalah perintah menggandakan objek dimana hasil duplikat dari objek tersebut tidak terpisah dari objek yang di duplikat.

Selain itu apalagi sih perintah menggandakan objek? Nah ada satu perintah menggandakan objek di InkScape yang mungkin jarang orang gunakan , yaitu perintah clone. Ketika kita ingin menggandakan sebuah objek menjadi dua buah, mungkin kita masih enjoy menggunakan perintah copy-paste dan duplicate, tapi ketik kita ingin menggandakan sebuah objek menjadi banyak objek yang di mana jarak antar tiap objeknya beraturan menggunakan copy-paste dan duplicate itu sudah sangat merepotkan menurut saya, pasalnya kita tidak bisa memastikan jarak antar tiap objek itu sama. Apa solusinya? Kita bisa mengganti perintah copy-paste dan duplicate dengan perintah clone. Dengan menggunakan perintah clone, kita bisa mengatur jarak antar tiap objek sesuai keinginan. Berikut tutorial menggandakan objek menggunakan clone di InkScape:

  1. Buka aplikasi Inkscape anda
  2. Buat objek sesuai keinginan anda (disini saya menggunakan objek persegi panjang, dapat di buat menggunakan rectangle di toolbox).
  3. Pilih menu edit-clone-create tiled clones untuk mengatur jumlah dan jarak objek.
  4. Klik SHIFT pada keyboard, lalu atur jarak baris dan kolom objek serta jumlah objek.
  5. Untuk membuat objek teratur secara baris dan kolomnya, anda dapat mengatur nya di SHIFT+Y untuk baris dan SHIFT+X untuk kolomnya. Isi nilai untuk SHIFT+Y dan SHIFT+X sesuai keinginan, lalu untuk pilihan lainnya tetap nol dan eksponennya tetap satu. Kemudian masukkan banyak baris dan kolom objek yang akan di gandakan kemudian create. Berikut adalah hasil penggandaan objeknya.
    hasil setelah di duplicate

    Anda dapat mencoba mengubah mengatur bentuk penggandaan objek di SHIFT, sesuai dengan keinginan anda.

Mungkin itu saja tulisan kali ini, semoga bermanfa’at untuk penulis dan pembaca sekalian. Kalau ada yang benar itu datangnya dari Allah subhanahu wa ta’aalaa, dan yang salah itu dari kecerobohan dan kekurangan penulis yang masih belajar ini. Jangan lupa komentar dan kritik serta masukan dari pembaca dih di kolom komentar dibawah.

Syukron Jazaakumullaahu Khairan wa Baarakallaahu Fiikum.
Allahu a’lam.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.