Seri 1 Belajar InkScape: Mudah Menggunakan Edit Paths by Nodes

Bismillahirrohmanirrohiim.

Akhirnya, pada tulisan kali ini kami membagikan sedikit tutorial InkScape dan ini yang pertama kalinya. Tutorial ini dibuat oleh Hikma Aulia, asisten baru/keluarga baru LABKOMMAT angkatan 2018 prodi matematika murni. Hikma berbagi trik mudah dalam menggunakan edit paths by nodes di InkScape. Sebagai contoh, ia membuat bangun ruang dari sebuah bangun datar.

Ikuti langkah-langkah berikut sedikit demi sedikit (agar mudah dipahami):
1. Buka aplikasi InkScape Anda. Kalau belum punya, unduh disini lalu instal (sesuaikan dengan versi Laptop/NB Anda 32 bit atau 64 bit)
2. Buat sebuah bangun datar menggunakan rectangle, polygon, atau buat sesuai keinginan menggunakan Draw Bezier di toolbox.

3. Pilih menu edit di toolbar lalu klik duplicate untuk menggandakan objek, atau tekan Ctrl+D di keyboard, kemudian geser gambar yang telah di duplikat ke samping. Anda juga dapat menggunakan perintah copy-paste.

4. Ubah ukuran panjang gambar duplikat menjadi dua kali lebih pendek dengna cara mengubah ukuran width menjadi separuh dari ukuran sebelumnya atau daapt juga diubah dengan menggunakan cara biasa yaitu dengan menggeser arah samping pada gambar ketika di klik.

5. Klik dua kali pada gambar duplikat, kemudian geser, sehingga terlihat seperti menyamping.

6. Ubah warna gambar hasil duplikat menjadi lebih gelap dari warna sebelumnya, tetapi menggunakan dasar warna yang sama kemudian hubungkan dengan gambar dasar. Ada beberapa pilihan warna yang dapat kita pilih, tapi apabila warna di inginkan tidak terdapat dalam bar warnanya, pilih menu object di toolbar lalu pilih fill and stroke atau tekan Shift+Ctrl+F di keyboard lalu atur warna sesuai keinginan.

7. Duplikat gambar yang miring. Pilih edit paths by nodes(1) di toolbox lalu klik convert selected object to path(2) dan blok bagian bawah dari gambar.

8. Klik salah satu titik yang telah di blok, lalu tarik ke atas sehingga terbentuk seperti bangun ruang.

9. Ubah warna gambar menjadi lebih gelap, seperti pada langkah ke-6.

10. Terbentuklah gambar bangun ruang. Untuk menjadikannnya sebuah objek yang terpisah atau berhamburan ketika di geser atau ditarik, blok terlebih dahulu semua bangun yang dibuat atau tekan Ctrl+A di keyboard lalu pilih menu object di toolbar, kemudian klik group atau tekan Ctrl+G di keyboard.

Terbentuklah gambar bangun ruang.

Untuk masalah pewarnaan, itu tergantung dari sudut pandang dan kreativitas dari teman-teman sekalian dalam berkreasi. Jadi, selamat belajar.

Mungkin itu saja pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Jika ada yang benar sungguh itu datangnya dari Allah subhanahu wa ta’ala, dan jika ada yang salah itu datangnya dari penulis yang sangat masih belajar ini. Oleh karena itu kami sangat butuh kritik dan saran dari pembaca untuk memperbaiki kesalahan kami.

Syukron Jazaakumullaahu Khairan.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.