Seri 3 Belajar InkScape: Memberi Efek Neon pada Teks

Bismillaahirrohmaanirrohiim.

Judul asli: “Membuat efek neon pada tulisan”
ditulis oleh: Hikma Aulia

Halo teman-teman…, di tutorial kali ini saya ingin berkreasi dengan tulisan. Bosan gak sih dengan model tulisan itu itu aja? -_-! . yah, saya juga bosan :P. nah di tutorial kali ini saya akan memodifikasi tulisan dengan menggabungkan beberapa warna. Baca sampai selesai, jangan skip.

Tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan efek neon. Efek neon tampaknya begitu menarik. Nah kali ini saya ingin berbagi trik membuat efek neon pada tulisan dengan teknik penggabungan warna.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi InkScape Anda
  2. Atur tampilan canvas, pilih file lalu document properties, ubah display units menjadi px dan non-aktifkan border, lalu ubah warna background lebih gelap.
  3. Buat teks sesuai keinginan
  4. Pilih jenis model teks sesuai keinginan. Misalkan jenis tulisan ‘Script MT Bold’.
  5. Ubah warna tulisan menjadi warna yang terang, lalu duplikat tulisan dan ubah warna tulisan yang di duplikat menjadi warna putih.
  6. Pilih menu extensions, lalu klik general from path lalu pilih interpolate.
  7. Atur interpolate seperti pada gambar 6, selanjutnya tekan apply. Selain itu, gradiasi warna seperti pada gambar 5 dapat di atur secara manual, dengan menggandakan tulisan sebanyak 2 atau 3 kali, alau atur warnanya hingga mendekati warna putih.
  8. Klik tulisan yang paling bawah (yang berwarna sangat terang), lalu atur fill and stroke nya (CTRL+SHIFT+F). Atur warna fill dan stroke nya menjadi sama, lalu ubah stroke style nya menjadi 12,000 dan klik join yang paling lengkung.
  9. Lakukan hal yang sama dengan tulisan yang kedua dan ketiga (yang berwarna putih tidak di ubah). Untuk yang kedua, ubah stroke style nya menjadi 8,000 dan yang ke tiga ubah stroke style nya menjadi 3,000.
  10. Pada tulisan pertama ubah tingkat blur nya menjadi 20, untuk gambar dua ubah menjadi 10, dan gambar 3 ubah menjadi 3.
  11. Blok semua tulisan lalu atur align and distribute nya (CTRL+SHIFT+A), klik center on horizontal axis dan center on vertical axis.
  12. Buat rectangle lalu tempatkan di belakang (lower selection to bottom) agar efek neonnya lebih Nampak.
  13. Ekspor gambar ke bentuk PNG dengan pilih di menu file lalu export PNG, atau tekan CTRL+SHIFT+E, lalu pilih tempat penyimpanan dan export dengan format *.png.

Mungkin sekian dulu tutorial dari saya. Keep istiqomah ^.^ .

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.