LibreOffice: Tak Kenal Maka Tak Takut & Tak Kenal Maka Ta’aruf

Bismillahirrohmanirrohiim.

Free Software yang satu ini (dan salah satu free software yang sangat difavoritkan oleh penulis sendiri) insyaa Allah akan kami bahas terus menerus, mulai dari dasar-dasar. Mengapa? Karena, seperti judul tulisan kali ini, “Tak Kenal Maka Tak Takut & Tak Kenal Maka Ta’aruf”.

Ya, LibreOffice, software yang menyuguhkan segudang manfaat, seperti LibreOffice Writer (serupa tapi tak sama dengan MS Word) untuk membuat tugas laporan, skripsi, makalah, artikel, LibreOffice Calc (serupa tapi tak sama dengan MS Excel) untuk membuat rapor, absen otomatis, serta LibreOffice Impres (serupa tapi tak sama dengan MS PowerPoint) untuk membuat slide presentasi, video animasi, dan masih banyak kegunaan lainnya.

Oleh karena itu, mari mengatur ulang mindset kita. Perhatikanlah dua analogi berikut lalu renungi.

didesain menggunakan InkScape

Analogi pertama, jika kita tidak kenal dengan LibreOffice, maka kita tidak akan takut menggunakan Microsoft Office (MSO) yang telah dimodifikasi (seperti di aktivasi secara ilegal, menggunakan serial number ilegal, dan cara ilegal lainnya). Mengapa? karena tidak kenal.

Analogi kedua, jika kita tidak kenal dengan LibreOffice, maka kita harus Ta’aruf. Mengapa? Ta’aruf kan artinya kenalan, jadi kenalan dulu dengan LibreOffice, baru kalian akan merasakan nikmatnya mengerjakan pekerjaan kita di LibreOffice dengan tenang dan nyaman. Karena kalau tidak kenal, maka hal ini akan dianggap remeh, dan klimaksnya muncul mindset untuk tidak mau mengenal dan menggunakan LibreOffice.

Setelah kita merasa takut dan ttelah ta’aruf dengan LibreOffice, maka pada saat itulah kita akan merasa bodoh dan merasa butuh untuk belajar, belajar, dan belajar lagi LibreOffice dan free software lainnya. Oleh karena itu, kami mengajak kepada para pembaca sekalian untuk menggunakan LibreOffice di Laptop/NB kalian. Mau kalian menggunakan Windows, GNU/Linux, dan Mac. Instal, lalu pelajari tahap demi tahap, jangan mau instan.

Harus adil, jika kita menggunakan MSO selama kurang lebih 4-6 tahun, maka HARUSNYA kita menggunakan dan mempelajari LibreOffice juga harus membutuhkan waktu yang lama untuk bisa terbiasa menggunakan dan ‘jatuh cinta’ dengan LibreOffice.

Mungkin itu saja pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Jika ada yang benar sungguh itu datangnya dari Allah subhanahu wa ta’ala, dan jika ada yang salah itu datangnya dari penulis yang sangat bodoh dan masih belajar ini. Oleh karena itu kami sangat butuh kritik dan saran dari pembaca untuk memperbaiki kesalahan kami.

Syukron Jazaakumullaahu Khairan.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.