Maintenance merupakan aktivitas perawatan untuk mencegah kerusakan. Perlunya maintenance pada perangkat komputer yang digunakan secara berkala bertujuan untuk menjaga performa dari perangkat dan agar perangkat komputer tidak mengalami kerusakan. Pada Perangkat komputer ada dua hal yang dapat kita maintenance yaitu :

  1. A) Maintenance Software

Berikut ini beberapa cara perawatan komputer secara software ;

1) Hidupkan / Matikan Komputer Sesuai Prosedur

Jika kita menggunakan Windows sebagai Sistem Operasinya dalam komputer kita, maka langkah ini sangat lah berperan penting dalam menjaga komputer supaya berjalan dengan baik. Tidak hanya Windows saja saya rasa semua Sistem Operasi baik itu Linux, Mac OS, dan sebagainya harus memperhatikan langkah ini.Lakukanlah proses Shutdown Windows dengan benar sesuai prosedur, sehingga jika kita menyalakan kembali Komputer kita maka tidak ada masalah yang muncul ketika dihidupkan. Jangan pernah anda mematikan aliran listrik secara tiba-tiba kepada komputer anda secara terus menerus, itu akan membuat sistem operasi anda terganggu bahkan hardware pada komputer juga akan ikut terganggu.

2) Bakcup Data

Backup data merupakan hal penting bagi anda yang mempunyai data-data yang sangat penting. Backup data ini berguna untuk menjaga keamanan data mengurangi penggunakan kapasitas media penyimpanan dan memudahkan pendistribusian data jika di butuhkan.

3) Penataan Disk Secara Berkala

Proses hapus tulis dokumen atau file pada Hardisk membuat struktur file dalam Hardisk menjadi berantakan, maka dari itu anda perlu melakukan Penataan Disk. Gunakan software pembantu untuk melakukan penataan disk seperti Scandisk dan defrag.

4) Gunakan / Install Software yang Dibutuhkan

Jangan melakukan instalasi aplikasi atau software yang sekiranya tidak terlalu penting pada komputer anda walaupun komputer anda masih mampu untuk melaksanakannya. Semakin padat konfigurasi software pada sebuah Sistem Operasi, maka kinerja komputer menjadi lambat. Jika anda yang mengeluh komputer anda sering lemot atau hang, periksalah aplikasi atau software yang terpasang pada komputer anda, sekiranya ada aplikasi yang berat ataupun tidak perlu maka unistall saja aplikasi atau software tersebut

5) Bersihkan Recycle Bin Secara Teratur

Ketika mendelete sebuah file/folder, maka file/folder tersebut tidak langsung hilang, karena akan ditampung terlebih dahulu di Recycle Bin. Ketika file/folder yang berada di Recycle Bin sudah banyak, maka hal tersebut akan menyita ruang harddisk yang menyebabkan pembacaan harddisk menjadi lelet.

  1. B) Maintenance Hardware

Berikut beberapa cara merawat perangkat keras dari komputer (Hardware)

1) Bersihkan Debu atau kotoran kecil yang menempel

Bersihkan debu dengan menggunakan kompressor dan dilakukan di ruangan terbuka. Ketika merawat komputer secara hardware, berhati-hatilah saat membersihkan lapisan isolator pada PCB terkelupas yang akan menyebabkan korosi pada jalur tembaga. Jika hal tersebut terjadi, maka harus mengganti peripheral tersebut. Gunakan contact cleaner/degreaser cleaner jika terjadi korosi pada soket untuk membersihkannya. Jangan membersihkan dengan menggunakan kuas agar debu tidak ada yang masuk.

2) Pengecekan pada pemasangan peripheral

Selalu mengecek kembali saat pemasangan Motherboard atau peripheral agar tidak akan terjadi masalah.

3) Jauhkan benda yang mengandung medan magnet

Medan magnet mengakibatkan warna monitor menjadi tidak rata atau belang-belang. Jauhkan benda seperti speaker, hp dan benda yang lainnya yang mengandung magnet.

4) Menstabilkan tegangan listrik

Tegangan listrik yang tinggi atau malah justru rendah, akan menyebabkan computer mati mendadak. Gunakanlah UPS dan stabilizer jika rumah berada pada daerah yang sering terjadi pemadaman listrik.

5) Ventilasi udara yang cukup

Ventilasi udara yang kurang baik akan menyebabkan panas yang berlebihan yang komponen/elektronik juga akan menjadi cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen komputer.

6) System pendingin (kipas dan aluminium pendingin)

Tambahlah system pendingin dengan yang lebih baik ketika pengguna sering menggunakan computer dengan kinerja yang tinggi.

7) Menghidupkan dan mematikan computer juga harus sesuai dengan prosedur

Lakukan shutdown pada komputer yang akan dimatikan sebelum mencabut kabel power.

8) Hindari penempatan computer yang terkena langsung oleh sinar matahari.

9) Merawat LCD monitor

Dengan cara tidak menyentuh permukaan layar secara langsung, akan menghindari timbulnya kotor atau tergores. Jika layar terlanjur kotor, gunakan cairan khusus pembersih LCD dengan menggunakan kain lap yang halus untuk membersihkannya dan hindari menekan permukaan LCD.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *