Maksimalkan, Maksimalkan, dan Maksimalkan …

Bismillahirrahmanirrahiim.

Berbagi pengalaman selama 2 tahun terakhir menggeluti dunia Free Software .

Misalkan GNU/Linux [Linux Lite 4.2], LibreOffice, InkScape, GIMP, PSPP, GNU Octave, Telegram, LAMPP, Xpad, Mozilla Firefox, Natron, Gambas3, RStudio, VLC, Audacity, Kdenlive, HandBrake, Geany, Scilab, Geogebra, dan Peek adalah Z. Oke, kita akan membahas tentang Z.

Z adalah nama-nama free software yang terpasang di Laptop saya (Alif Rezky). Ini sudah saya pikirkan sejak akhir tahun 2017 tepatnya pada bulan Desember saat saya menjadi ketua panitia Pelatihan Analisis Data LABKOMMAT. Memutuskan untuk “meninggalkan” non free software [Microsoft Windows, Microsoft Office, CorelDraw, Flash 8, Photoshop, IDM, SPSS, MATLAB, Maple, Minitab, Nitro PDF, dan nonfree software lainnya kita misalkan X] memang awalnya sulit, namun setelah melalui beberapa waktu untuk “merenung” tentang akibat dari menggunakan software X secara ilegal, lalu mencari pengganti dari software X, maka saya menemukan Free Software.

Memasuki awal tahun 2018 hingga 2019, saya pun terus mencari “guru” dan “menggaet teman” hingga akhirnya nama-nama seperti Ade Malsasa Akbar, Agung Izzul Haq, M. Panji Purnomo, Haeruddin, Eren, Nurhidayah T, Latifa, Aini, dan nama-nama yang tidak saya sempat sebutkan namanya juga sadar akan penggunaan software X dan juga memutuskan untuk menggunakan free software di Laptop/NB mereka. Saya pun ikut senang karena sudah ada beberapa orang yang hijrah ke free software. 🙂

Intinya, poin yang ingin ditekankan pada tulisan kali ini adalah terus MAKSIMALKAN, MAKSIMALKAN, dan MAKSIMALKAN potensi dan ikutsertakan hati kita untuk mempelajari free software, agar kedepannya muncul ahli-ahli dari software Z di atas. Penulis sendiri saat ini masih fokus menggunakan Flash MX 2004 (statusnya gratisware) untuk menyelesaikan skripsi, namun untuk free software sendiri penulis ingin fokus mempelajari GNU/Linux [Linux Lite], HTML5, LibreOffice, GIMP, dan InkScape. Berikut beberapa contoh hasil desain penulis menggunakan GIMP dan InkScape.

Hasil Desain Penulis menggunakan GIMP di Linux Lite
Hasil Desain Penulis menggunakan InkScape di Linux Lite

Kalau Anda? hmm…, ditunggu kontribusinya dih. Ayo, jangan mau ketinggalan untuk belajar, maksimalkan masa muda ta untuk mempelajari satu saja free software yang teman-teman sukai, dan fokus, istiqamah untuk mempelajarinya dan sekali lagi, MAKSIMALKAN potensi ta!.

Mulailah dari diri kita untuk terus belajar,belajar, dan belajar, dan tentunya meluruskan niat kita, agar bisa menguasai beberapa free software lalu mengajarkannya. Inilah salah satu jembatan untuk kita agar bisa bermanfaat untuk orang lain.

Ingat kembali nasehat indah dari manusia teragung dan terbaik akhlaknya sepanjang masa, Rasulullah Muhammad shalallahu ”alaihi wasallam yang bersabda,

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”(HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289). [1]

Mungkin itu saja pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Jika ada yang benar sungguh itu datangnya dari Allah subhanahu wa ta’ala, dan jika ada yang salah itu datangnya dari penulis yang sangat bodoh ini. Oleh karena itu kami sangat butuh kritik dan saran dari pembaca untuk memperbaiki kesalahan kami.

Syukron Jazaakumullaahu Khairan.

Referensi:
[1] muslimah.or.id/6435-pribadi-yang-bermanfaat.html

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.