Memasyarakatkan LibreOffice di Jurusan Matematika

Bismillahirrohmanirrohiim.
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

LibreOffice, pernahkah teman-teman mendengar nama software ini? Tentu nama software yang satu ini belum sepopuler Microsoft Office (MSO). Namun, perlu diketahui bahwa salah satu software Perkantoran (Office Suite) yang LIBRE=FREE=BEBAS digunakan tanpa ada larangan untuk Use-Study-Modified-Share dan tidak mengharuskan penggunanya mengeluarkan uang untuk membeli lisensi demi menggunakannya secara full version selain LibreOffice [ini sebatas pengetahuan penulis yang masih belajar ini].

Pada tulisan kali ini penulis berusaha untuk memahamkan teman-teman sekalian bahwa jangan menggunakan software jika teman-teman tidak mengetahui pengembang dari software tersebut. Karena boleh jadi, saat teman-teman menggunakan software tersebut dan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan (seperti laptop hang, WiFi tiba-tiba bermasalah, laptop/flashdisk terjangkit virus{dalam dunia software dikenal dengan malware/malicious software}, dan masalah lainnya), maka kita pastinya akan panik dan jalan biasanya kita mencari solusi dengan bertanya kepada ahlinya/membawanya ke tukang service komputer.

Contoh kasus: saat MSO pada laptop Anda minta diaktivasi, jika Anda orang awam dalam dunia software, pasti membawanya kepada ahlinya/membawanya ke tukang service komputer untuk diaktivasi. Padahal, itu adalah tindakan yang tidak benar. Mengapa? karena jika Anda ingin menghargai pengembang dari MSO, yaitu Microsoft, maka Anda harusnya membeli lisensi dari softwate tersebut, bukan malah melakukan tindakan Ilegal dengan mengaktivasinya agar bisa digunakan secara full version.

Memasyarakatkan LibreOffice di Jurusan Matematika

Teman-teman yang budiman, penulis mengajak kepada teman-teman sekalian untuk menggunakan LibreOffice, dan sengaja tulisan ini penulis menyebut jurusan matematika karena penulis sendiri adalah mahasiswa jurusan matematika tepatnya program studi pendidikan matematika angkatan 2015 yang saat ini masih berjuang bersama teman-teman seperjuangan untuk menyelesaikan tugas akhir yaitu SKRIPSI. Ini kupersembahkan untuk teman-teman di jurusan Matematika untuk belajar,belajar,dan belajar LibreOffice. Nah, pertanyaannya yang muncul, “Bagaimana caranya menyusun skripsi pakai LibreOffice, susah kah?”. Insyaa Allah MUDAH !.

Lebih Dekat Dengan LibreOffice Writer – Hasil Kolaborasi Komunitas Belajar LibreOffice Indonesia
Cerdas Menyusun Tugas Akhir dengan LibreOffice Writer – oleh Rustam dan Kamariah (alumni jurusan fisika FMIPA UNM)

Kedua gambar diatas merupakan contoh orang-orang yang sudah menyumbangkan kontribusinya dalam memasyarakatkan LibreOffice. Jadi, COBA instal terlebih dahulu LibreOffice di Laptop/NB teman-teman sekalian. Karena, kalau hanya BERKOMENTAR saja seperti:

  1. susah LibreOffice dipakai, tidak seperti MSO
  2. Ribet kalau pakai Formula di LibreOffice (klo di MSO dikenal dengan Equation)
  3. Saya tidak suka tampilannya, jelek, tidak seperti MSO
  4. dan sebagainya

itu tidak akan bisa meraih nikmatnya menggunakan LibreOffice. Oleh karena itu, “CEBURKAN DIRI” teman-teman dengan belajar dengan bertahap dasar-dasar LibreOffice, sedikit demi sedikit, jangan maunya instan saja. Anda sudah sejak SMP atau SMA menggunakan MSO, kurang lebih sudah 6 tahun yang lalu. Jadi, kalau mau adil, teman-teman juga SEHARUSNYA butuh waktu kurang lebih 6 tahun juga lalu BERKOMENTAR, “Ohiya yah, ternyata LibreOffice mudah juga digunakan ternyata”, begitu.

Berikut 2 file pdf yang berisi panduan tentang LibreOffice Writer untuk teman-teman sekaliah unduh dan gunakan serta sebarkan kepada teman-teman kampus kalian:

Lebih Dekat Dengan LibreOffice Writer (Mobile Version)
Cerdas Menyusun Tugas Akhir dengan LibreOffice Writer

Mungkin itu saja, semoga postingan kali ini bermanfaat untuk Anda. Kalau ada yang benar itu datangnya dari Allah subhanahu wa ta’ala, kalau ada salah dalam bahasa dan tulisan ini datangnya dari penulis yang bodoh ini. Oleh karena itu kami sangat mengharapkan kritik dan masukan Anda di kolom komentar untuk dibahas bersama atau request topik yang diinginkan untuk kami terbitkan di postingan selanjutnya. Jika dirasa bermanfaat, tolong untuk di bagikan ke teman-teman Anda agar mereka juga bisa mempelajari dan mengetahui informasi pada postingan ini.

Syukron, Jazaakumullahu Khairan.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.