Membuat Virtual Environment pada Python

Apa itu virtual environment?

Virtual environment adalah alat untuk membuat lingkungan python (python environment) untuk project tertentu. dimana virtual environment ini berupa modul-modul atau package tertentu yang hanya dibutuhkan untuk project tersebut. yang artinya setiap project dapat memiliki python environment yang berbeda-beda sesuai kebutuhannya. virtual environment ini akan dibuat terpisah dari environment global pada direktori yang kita tentukan.

Aplikasi atau program kita mungkin membutuhkan library dengan versi yang spesifik agar dapat dijalankan tanpa adanya masalah. seperti contoh saya membuat program menggunakan library tensorflow versi 2.0 dan program tersebut berjalan dengan baik, akan tetapi beberapa minggu kemudian tensorflow 2.1 rilis dan setelah mencoba mengupgrade ternyata program saya tidak bisa jalan pada tensorflow 2.1 akan tetapi dapat berjalan baik pada tensorflow 2.0 yang artinya program tersebut hanya dapat berjalan baik menggunakan tensorflow 2.0. nah ini akan menjadi masalah jika kita mengerjakan seluruh program atau project python pada environment yang sama. maka dari itu kita membutuhkan virtual environment untuk masing-masing program atau project yang kita buat yang berisi library atau packages yang dibutuhkan saja.

untuk membuat virtual environment ini kita dapat menggunakan module venv, modul ini sudah disediakan oleh python sehingga kita dapat menggunakannya langsung bila anda menggunakan python versi 2 maka anda perlu menginstall module virtualenv terlebih dahulu.

untuk membuat virtual environment cukup mudah, katakan kita ingin membuat program pada direktori project1/, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah membuka command prompt dengan direktori yang sama pada project. lalu kita dapat langsung membuatnya.

# Python 2:

virtualenv env_project1




# Python 3 (windows):

python -m venv env_project1

# Python 3 (MacOS & Linux):

python3 -m venv env_project1

 

setelah menjalankan perintah diatas maka akan dibentuk folder baru didalam folder project1 yaitu env_project1, inilah virtual environment yang telah kita buat. akan tetapi hal yang kita lakukan diatas hanya membuat dan belum dapat kita gunakan environmentnya, hal selanjutnya yang kita lakukan adalah mengaktifkan virtual environment yang telah kita buat. caranya adalah kita hanya perlu mengakses file activate.bat yang ada pada folder Scripts, dengan menuliskan perintah berikut.

env_project1\Scripts\activate.bat

 

lalu untuk MacOS atau Linux:

source env_project1/Scripts/activate

 

diatas adalah tanda jika kita telah mengaktifkan environment yang sudah kita buat. tentunya ini environment baru berarti tidak ada package yang tersedia, kita perlu menginstall package atau library yang diperlukan. kalian dapat menginstall, menghapus, dan upgrade package menggunakan pip. periksa package yang terinstall dengan menjalankan perintah pip list.

pip list

 

jika kita ingin menginstall package numpy dapat menjalankan perintah berikut.

 

pip install numpy

 

dengan itu python akan mendownload file instalasi numpy lalu melakukan instalasi. kita hanya perlu menunggu beberapa saat. jika kita ingin menginstall varsi spesifik pada numpy kita perlu menambahkan versinya.

pip install numpy==1.15.3

 

maka jika kita memeriksa ulang menggunakan pip list.

itu tadi cara membuat dan mengaktifkan virtual environtmenment python. lalu bagaimana jika kita ingin keluar dari environment tersebut? cukup kita ketikkan deactivate. gimana gampang bukan? itulah tadi tutorial mengenai virtual environment pada python. nantikan tutorial selanjutnya.

 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *