Seri 0 Belajar Flash MX : Pengenalan Macromedia Flash MX 2004

Bismillahirrahmanirrahim.

Sumber: Icon Archive
Icon Macromedia Flash MX 2004         (Sumber gambar: Icon Archive)

Pada tulisan ini penulis membahas tentang apa itu macromedia flash mx 2004 dan mengapa harus menggunakan versi yang satu ini.

Pada seri pertama untuk Flash MX ini, kita akan membahas mengenai salah satu nonfree software yang statusnya sudah berubah sejak akhir taun 2016 menjadi Gratisware (Gratis Software), yaitu Macromedia Flash MX 2004. Dari versi pertama sampai terbaru, Flash MX adalah pilihan yang tepat untuk digunakan dalam pembuatan animasi dan media pembelajaran yang gratis (maksudnya tidak beli lisensi lagi, tinggal gunakan product key yg disediakan oleh pihak Adobe). Beberapa timeline sejarah dari Flash ini mulai dari yang namanya futureSplash Animator hingga menjadi Adobe Flash Professional CC.

Meski versi 2004, software ini sudah cukup baik dan banyak manfaatnya bagi animator atau guru yang ingin membuat sebuah media pembelajaran berbentuk animasi. Fitur unggulan pada Adobe Flash seperti Movie Clip, Button, Graphic, Sound, Motion Tween, Shape Tween, Text Editor, Actionscript 2.0 (meski yang terbaru sudah 3.0) ada pada Flash MX.

Sumber : Alan Becker Tutorial di Youtube

Flash MX juga mendukung beberapa spesial effect (yah meski pada fitur ini tidak tersedia efek Filter). Untuk mendapatkan beberapa tutorial membuat spesial effect, bisa mengunjungi website Kirupa. Disana tersedia banyak spesial effect (cari tag Flash MX) dan source code dan outputnya bisa diunduh secara gratis.

Berikut link download untuk Master file Macromedia Flash MX 2004 yang bisa diunduh secara gratis disini, bisa  dipasang di Windows dan GNU/Linux (pasang terlebih dahulu wine khususnya di Distro GNU/Linux Linux Lite dan sejenisnya ). Untuk melihat bukti legalitas penggunaannya, bisa mengunjungi website resmi dari Adobe disini.

Mungkin itu saja pengenalan mengenai Macromedia Flash MX 2004, semoga tulisan ini bermanfaat untuk pembaca. Kalau ada yang benar itu datangnya dari Allah subhanahu wata’ala, dan kalau ada yang salah itu datangnya dari penulis yang masih belajar dan banyak kekurangan ini. Mohon kritik dan saran yang membangun, bisa pembaca tuliskan lewat kolom komentar. Dan penulis tak lupa mengajak terus mengajak pembaca untuk menggunakan Free Software sebagai pengganti Non Free Software.

Jazaakumullaah Khairan, wa Baarakallaah Fiik.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.