Rajin Ikut Lomba, Tapi Ternyata Pake Software …

Bismillahirrohmanirrohiim.

Mayoritas orang-orang disekitar penulis masih menggunakan Non Free Software / Proprietary Software / “software yang digandakan” seperti Windows, Microsoft Office, CorelDraw, SPSS, Macromedia Flash 8, RPG Maker, dan “software yang digandakan” lainnya. Dan disitu penulis terkadang merasa sedih.

Teringat 2 tahun lalu, saat penulis mengikuti 2 lomba yang berkaitan dengan Media Pembelajaran. Ini pengalaman yang berbeda yang penulis rasakan. Mengapa? karena, disatu sisi, penulis mengetahui bahwa software yang digunakan untuk membuat media pembelajaran yang diikutkan pada lomba tersebut merupakan “software yang digandakan” (hentikan istilah software bajakan itu, gunakan istilah “software yang digandakan“).

Namun, pelajaran yang penulis dapatkan dari hal tersebut, bahwa saat mengikuti lomba, SANGAT PENTING untuk memperhatikan software yang digunakan untuk membuat produk yang akan diikutkan lomba tersebut.  Malam ini (malam dibuatnya tulisan ini), ada tulisan yang membuat penulis teringat dengan pengalaman penulis tersebut (nostalgia sekali) yaitu,

“Rajin ikut lomba, tapi ternyata pake software bajakan”

Ini menjadi “cambuk” dan “pil penambah stamina” untuk penulis. Mengapa? “cambuk” karena penulis pernah termakan oleh nikmatnya menggunakan “software yang digandakan” dan hanya tenang-tenang saja melihat orang terdekat penulis menggunakan “software yang digandakan” tersebut, dan “pil penambah stamina” untuk terus belajar, belajar, dan belajar serta istiqomah dalam mensosialisasikan tentang Free Software dan bahaya Non Free Software kepada masyarakat.

Semoga Allah subhanahu wa taa’aala memberikan kita hidayahNya dan taufikNya untuk meninggalkan kebiasaan yang sudah mengakar ini (menggunakan software yang digandakan) dan yang sudah mengenalnya (mengetahui tentang pentingnya belajar free software dan takut menggunakan software yang digandakan karena merasa bersalah) agar bisa istiqomah untuk belajar, belajar, dan belajar tentang dasar-dasar dari beberapa free software yang dirasa penting untuk dipelajari, terutama yang masih awam /newbie terhadap free software.

Mungkin itu saja tulisan kali ini, semoga bermanfa’at untuk penulis dan pembaca sekalian. Kalau ada yang benar itu datangnya dari Allah subhanahu wa ta’aalaa, dan yang salah itu dari kecerobohan dan kebodohan penulis yang masih belajar ini. Jangan lupa komentar dan kritik serta masukan dari pembaca dih di kolom komentar dibawah.

Syukron Jazaakumullaahu Khairan.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.