Realita Windows dan Fakta Linux

Windows dan Linux merupakan sebuah sistem operasi (Operating System, OS) yang beroperasi di PC (seperti komputer, laptop dan notebook). Hanya saja, mayoritas pengguna PC di seluruh dunia menggunakan Windows di PC mereka. Berbeda dengan Windows, Linux masih ‘minoritas’ yang menggunakannya. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini mimin akan menjelaskan sedikit tentang realita windows dan fakta linux yang ‘mungkin’ sebagian besar pengguna PC belum mengetahuinya. Tentunya, mimin berharap setelah mengetahui perbedaan dua sistem operasi ini akan membantu teman-teman untuk memutuskan menggunakan OS yang mana di PC anda.

Windows menjadi sangat poluler dan paling banyak penggunanya di seluruh dunia. Mengapa? karena OS buatan Microsoft ini memiliki tampilan yang variatif dan sudah familiar di kalangan pengguna PC. Selain itu, Windows juga terkenal dengan software Office-nya. Microsoft Office merupakan software yang sangat nyaman untuk bekerja di PC seperti membuat slide presentasi, tulisan, laporan, analisis data, dan sebagainya. Di Microsoft, jenis-jenis Windows dinamakan dengan ‘Versi’ dan pengembangnya hanya dilakukan oleh pihak Microsoft saja. Contohnya seperti Windows Xp, Windows 7, WIndows 8, Windows 8.1, dan Windows 10. Keunggulan lainnya adalah banyaknya produsen hardware dan software yang tertarik mengembangkan aplikasinya di Window sehingga banyak jenis aplikasi yang bisa digunakan di Windows seperti aplikasi desain grafis, aplikasi matematika, aplikasi multimedia, dan aplikasi permainan.

Namun, dibalik kepopuleran Windows diatas, terdapat realita yang ‘mungkin’ belum diketahui oleh tenam-teman pembaca. Windows  merupakan OS yang bersifat tertutup atau komersal yang berarti pengguna Windows harus membeli lisensi jika ingin menggunakan Windows di PC mereka. Selain itu, beberapa aplikasi yang support di Windows juga mengharuskan pengguna untuk membeli lisensinya seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Maple, Matlab, Visual Basic, SPSS dan software berbayar lainnya. Meskipun harga lisensi dari Windows dan sebagian aplikasi yang support di Windows terbilang mahal (berkisar antara ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah), OS yang satu ini tetap banyak penggunanya karena kebutuhan dan sudah familiar dikalangan pengguna PC sehingga menjadikan Windows banyak digunakan versi bajakannya. Saat kita menggunakan versi bajakan, tentu ini sama saja dengan menambah pundi-pundi dosa kita dan juga melanggar hukum (Baca Dear Pengguna Os, Sadarkah Anda Selama Ini?). Selain itu, Windows juga rentan terkena virus baik melalui internet, jaringan, aplikasi, dan media penyimpan seperti flashdisk, hadrisk eksternal, dan CD yang mengharuskan PC tersebut harus di instal ulang.

Untuk Linux, sistem operasi ini bisa dikatakan kurang populer dan masih minoritas penggunannya. Selain itu (katanya) tampilan dekstop Linux yang monoton dan tampilan Windows sudah familiar dengan sebagian besar pengguna PC yang membuat Linux kurang diketahui oleh masyarakat. Namun,faktanya, Linux merupakan OS yang bersifat terbuka atau gratis (free) sehingga bebas untuk digunakan oleh siapa saja. Selain itu, Linux juga dikenal dengan siklus pengembangannya yang sangat cepat dan ‘antibodi’ nya sehingga virus tidak akan mudah berkembang di Linux. Linux juga mengalami pembaharuan, baik dari segi tampilan, performa, bahkan support aplikasi yang fungsinya ‘hampir sama’ dengan software yang support di Windows. Linux Mint, Linux Lite, dan Ubuntu, Enso OS, dan jenis distro Linux lainnya bisa menjadi alternatif para pengguna OS yang belum mampu membeli lisensi Windows untuk digunakan.

Jadi, untuk kalian yang ‘mungkin’ belum mengetahui menggunakan OS Windows bajakan, mimin berharap agar kalian bijak untuk memilih, tetap menggunakan Windows versi bajakan atau tidak. Jika kalian berat hati untuk pindah dari Windows, kalian bisa menabung mulai dari sekarang untuk membeli lisensi Windows yang dijual di lapak-lapak online Indonesia agar PC anda tidak bajakan lagi. Jika belum bisa, kalian bisa menginstal Linux di PC untuk mencobanya karena OS yang satu ini menyediakan instalasi dual boot, sehingga kita bisa menggunakan Windows + Linux dalam satu PC.

Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.