Seri 4 Belajar Inkscape : Dripping text effect

Bismillah…

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh…

Dikesempatan  kali ini , penulis akan berbagi tutorial sederhana mengenai Inkscape . Tentu aplikasi Inkscape sudah tidak asing bagi para pengguna Free Software dan pengguna lain . Inkscape ini sama halnya dengan Coreldraw, tetapi perbedaannya Inkscape adalah Free Software dan Coreldraw adalah Nonfree Software .

Ada banyak sekali imajinasi yang bisa kita tuangkan di Inkscape , misalnya seperti mengganti background foto , membuat gambar vector , dan membuat efek  tulisan . Ada banyak sekali efek tulisan yang  tidak kita jumpai pada font-font yang biasanya disediakan suatu aplikasi , kadang kala kita bosan dengan jenis tulisan yang itu – itu saja , apalagi saat kita ingin membuat sebuah  poster dan lain – lain .

Ditutorial kali ini , penulis akan menunjukkan bagaimana membuat efek tulisan di Inkscape . Ditulisan sebelumnya kita telah mempelajari cara membuat efek neon pada teks di Inkscape , kali ini kita akan mempelajari bagaimana membuat dripping text effect di Inkscape.

Langkah – langkah :

  1. Buka aplikasi Inkscape

  1. Pilih menu file lalu document properties, kemudian atur bordernya ( hilangkan centang ) . Hal ini bertujuan untuk menghilangkan page bordernya.

  1. Pilih icon text  kemudian ketikkan teks yang diinginkan . Atur ukuran dan font text sesuai keinginan .
  2. Selanjutnya kembali ke icon select and transform atau tekan F1 di keyboard lalu pilih path , object to path .
  3. Selanjutnya pilih menu object, lalu klik ungroup atau tekan Shift + Ctrl + G di keyboard .
  4. Klik icon edit path by nodes kemudian mulai membuat dripping effect pada teks .
  5. Buat dripping effect dengan cara menarik kotak abu-abu disekeliling teks . perlu diperhatikan juga kotak yang mana yang akan dieksekusi , pilih posisi yang tepat sehingga sehingga efek akan terlihat lebih bagus .
  6. Klik pada kotak yang ditarik , lalu atur kelengkungannya. Untuk memudahkan kita juga bisa klik make selected nodes auto-smooth .
  7. Atur kotak di bagian pangkal kiri dan kanan untuk mempertegas efek .
  8. Lakukan hal tersebut di beberapa bagian pada huruf yang sedang diedit . Hasilnya kurang lebih seperti gambar di bawah .
  9.  Ulangi cara diatas kesemua huruf
  10. Atur warna sesuai selera
  11. Nah dripping text effect sudah selesai . jika ingin mengubahnya menjadi gambar , pilih menu file , export PNG image , kemudian tentukan nama gambar dan tempat penyimpanan lalu klik export .
  12. Itu tadi cara membuat dripping text object , semoga bermanfaat !!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.