Seri 4 Belajar LibreOffice: Pakar Free Software Legendaris

Bismillahirrohmaanirrohiim.

Richard Stallman, Linus Torvalds, pertama kalinya penulis membaca kisah inspiratif dari kedua pakar legendaris tersebut membuat penulis semakin penasaran dengan Free Software. Richard, seorang yang mempelopori Free Software Foundation (FSF) dan GNU, bertemu dengan Linus yang mempelopori kernel Linux, sehingga hingga saat ini pengguna di seluruh dunia bisa menikmati GNU/Linux di desktop-desktop mereka.

Mereka sangat berjasa, demi memenuhi hak-hak pengguna software, membebaskan semua orang di seluruh dunia untuk mengakses source code GNU/Linux agar programmer diseluruh dunia bisa membuat berbagai distro GNU/Linux. Free, Libre, bebas tanpa batas, membuat GNU/Linux kini menjadi sangat berkembang, bahkan di Indonesia. Benarkah?

Ya, hal ini terlihat dari mulainya bermunculan beberapa orang yang mengambil peran sebagai penyampai terkait Free Software, contohnya Ade Malsasa Akbar, salah satu orang yang saya tahu sedang dalam misi memasyarakatkan Free Software seperti GNU/Linux dan LibreOffice di Indonesia adalah beliau. Taufik Hidayat, yang menjadi ketua dalam pembentukan buku lebih dekat dengan LibreOffice Writer. Muncul juga dipermukaan seperti Su Rahman yang membuat tutorial-tutorial software Shotcut, Sandika Galih yang membuat tutorial-tutorial terkait Web Programming, dan masih banyak lagi orang-orang Indonesia lainnya.

Jadi, tidak cukup dengan BERKOMENTAR saja, coba pelajari, belajar,belajar, dan belajar dari mereka, yang mengharapkan free software bisa dikenal dan digunakan di Indonesia dan seluruh dunia. Jangan hanya menjadi pengguna software yang banyak bertanya, banyak komentar, banyak menyindir free software tanpa aksi dan usaha untuk mempelajari free software, tapi jadilah orang yang bermanfaat untuk orang lain dengan belajar dan mengajarkan free software, minimal satu saja free software yang anda sukai, lalu istiqomahlah mempelajarinya, mendalaminya, lalu ajarkan!.

Mungkin itu saja tulisan kali ini, semoga bermanfa’at untuk penulis dan pembaca sekalian. Kalau ada yang benar itu datangnya dari Allah subhanahu wa ta’aalaa, dan yang salah itu dari kecerobohan dan kebodohan penulis yang masih belajar ini. Jangan lupa komentar dan kritik serta masukan dari pembaca dih di kolom komentar dibawah.

Syukron Jazaakumullaahu Khairan.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.