Seri 5 Belajar LibreOffice: Ilmu dan Adab

Bismillahirrohmaanirrohiim.

Saat Anda ingin memulai belajar menggunakan LibreOffice, sebaiknya anda mempelajari dulu adab tentang Free Software. Siapa pendirinya, mengapa didirikan, mengapa harus mengenal dan menggunakan free software, apa-apa saja jenis free software, jenis-jenis lisensi free software, prinsip dari free software, siapa saja master-master atau orang-orang yang ahli dalam free software, lalu berguru kepada mereka.

Untuk itu, penulis merekomendasikan bagi kalian yang ingin belajar free software mengenal siapa pendirinya, yaitu Richard Stallman. Anda bisa melihat informasi seputar beliau di website beliau gnu.org atau di Youtube. Di website tersebut, Richard menceritakan tentang apa itu GNU, filosofi GNU, lisensi GNU, pendidikan,  free software dan penyebab kenapa Free Software Foundation (FSF) terbentuk.

Jika tidak paham bahasa Inggris, Anda bisa memilih menu translate, lalu pilih “Bahasa Indonesia” karena tersedia terjemahan versi Indonesia pada website tersebut yang tentunya di terjemahkan oleh orang Indonesia juga (bukan terjemahan google translate semata), yaitu Kelompok Kerja Penterjemah Web Proyek GNU. Jika tidak ada, bisa membuka link berikut :

  1. http://gnu.org/gnu/thegnuproject.id.html,
  2. http://gnu.org/philosophy/free-sw.id.html,
  3. https://www.gnu.org/software/reliability.id.html
  4. dan sebagainya.

Jika ingin lebih dalam lagi, Anda bisa mengunjungi website dari Ade Malsasa Akbar di Restava, Kursus Teknoplasma, dan Notabug Ade Malsasa Akbar. Di website tersebut, mas Ade membahas banyak tentang Free Software, Nonfree Software, GNU/Linux, LibreOffice, dan sebagainya.

Setelah Anda sudah memahami hakikat dari free software, penulis menyarankan untuk memilih satu free software yang sangat urgent untuk Anda pelajari, salah satunya yang penulis rekomendasikan adalah LibreOffice. Ini PENTING!. Belajar dari basic, sedikit demi sedikit. Jangan cepat bosan. Harus SEMANGAT!.

Mungkin itu saja tulisan kali ini, semoga bermanfa’at untuk penulis dan pembaca sekalian. Kalau ada yang benar itu datangnya dari Allah subhanahu wa ta’aalaa, dan yang salah itu dari kecerobohan dan kebodohan penulis yang masih belajar ini. Jangan lupa komentar dan kritik serta masukan dari pembaca dih di kolom komentar dibawah.

Syukron Jazaakumullaahu Khairan.

Artikel Terkait

2 komentar pada “Seri 5 Belajar LibreOffice: Ilmu dan Adab

  1. Info bagus min, memang tugas kita yang sudah tau menyampaikan kepada yang belum tau.. 🙂
    Perangkat lunak perkantoran sebetulnya sudah tidak asing lagi bagi saudara2 kita, relatif mudah untuk ber-migrasi dari aplikasi bajakan ke LibreOffice, jadi belajarnya ga terlalu jauh dari awal lagi kan..
    Yang susah itu belajar meninggalkan “Aplikasi Bajakan” karena sudah “latah berjamaah” & ketergantungan sehingga tidak merasa “bersalah”.

    1. bismillahirrohmanirrohiim. Maasya Allah, betul kak, melihat hal tersebut kami berusaha semampu kami untuk berkontribusi juga dalam memasyarakatkan free software di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.