Simulasi Jaring-Jaring Kubus di Geogebra Classic 6

Ditutorial kali ini, kami akan memperkenalkan salah satu freesoftware yang sangat aplicable  di matematika, yaitu Geogebra. Geogebra adalah software matematika dinamis yang menggabungkan geometri, aljabar, dan kalkulus. Software ini dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika.

Pada kesempatan ini kami akan membahas cara membuat Simulasi Jaring-Jaring Kubus menggunakan Software Geogebra Classic 6,  sebagai berikut langkah-langkahnya :

  1. Jalankan Software Geogebra.
  2. Buat dua titik dengan mengklik Point pada toolbar, lalu klik New Point. Kemudian taruh titik disebarang koordinat, namun atur titik agar saling berhadapan.
  3. Masukkan rumus di bagian bawah, pada bagian Input, lalu ketik Cube. Pilih yang [<Point>,<Point>]. Kemudian masukkan titik yang sudah dibuat tadi. Maka akan jadi seperti ini
  4. Setelah itu klik View pada toolbar, kemudian pilih 3D. Maka akakn muncul grafik 3D dari kubus tersebut. Kemudian sembunyikan semua nama objek, agar tidak terlalu ramai. Dengan cara mengklik kanan pada objek yang ingin disembunyikan, kemudian hapus tanda centang pada Show Label.
  5. Kemudian, pada toolbar (pastikan klik grafik 3D terlebih dahulu), pilih Pyramid lalu, klik Net.
  6. Sehingga akan menjadi seperti ini.
  7. Lalu setelah jaring-jaring kubus terbuka. Sembunyikanlah kubus yang masih terlihat dengan cara mengklik kanan pada Input bar yang telah tersedia, kemudian hapus tanda centang dari Show Object dan Show Label pada objek yang ingin disembunyikan.
  8. Uji kubus, dengan cara menggeser lingkaran yang adala pada slider.
  9. Setelah itu, untuk memperindah tampilan kubus. Kita bisa memberikan warna berbeda untuk masing-masing sisi. Nyalakan mode animasi pada slider. Maka kubus jaring-jaring kubus akan terbuka dan tertutup secara otomatis.
  10. Oh iya. Untuk menyimpan animasi ini, kita dapat mengklik toolbar File, kemudian pilih Donwload as. Sehingga kita bisa menyimpannya dalam berbagai format. Sesuai kebutuhan kita.Animasi ini akan membantu siswa yang kesulitan dalam memahami jaring-jaring kubus. Tutorial ini masih sangat sederhana. Semoga Bermanfaat.

Artikel Terkait

2 komentar pada “Simulasi Jaring-Jaring Kubus di Geogebra Classic 6

  1. Disebabkan Geogebra adalah free software, saya sbg pembaca berharap byk rujukan yg bisa kami cari d google. Mungkin, salah satu situs webini jg ^.^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.