Tutorial 3D Text Effect di GIMP

Teks yang biasa mungkin bagi sebagian orang membosankan namun apabila teks tersebut dibuat 3D atau tiga dimensi maka akan membuat orang tertarik dan takjub melihatnya karena tidak seperti teks pada asalnya. Tentu, jika ingin membuat 3D text effect yang berbasis visual diperlukan software ataupun aplikasi untuk membuat dan  memanipulasi teksnya. Disini penulis menggunakan salah satu software yang open source, yakni GNU Image Manipulation Program atau biasa disebut GIMP.

Dalam membuat 3D text effect menggunakan GIMP tidak diperlukan keahlian khusus, karena cara membuatnya sangat sederhana dan sangat mudah bahkan bagi pemula sekalipun terlebih lagi bagi yang sudah mahir dalam software manipulasi foto lainnya semisal Adobe Photoshop dan selainnya karena toolsnya hampir sama.

Dalam membuatnya diperlukan beberapa langkah-langkah mulai dari membuat sebuah file project baru hingga pada proses ekstrak file project yang dibuat untuk kemudian disimpan jika sewaktu-waktu ingin digunakan.

 

  1. Buat file project baru dengan menekan tombol File New (Create a new image). Tentukan lebar dan tinggi gambar (1280 x 720) dalam satuan pixel. Lalu tekan OK. Maka tampilan awalnya akan nampak seperti ini.
  2. Ubah warna background gambar ke arah warna yang lebih gelap agar efek teksnya lebih bagus, Caranya, dengan menekan box warna yang ada pada menu toolbox bagian bawah yakni Foreground Color. Pilih warna sesuai keinginan, yang intinya warna gelap. Disini menggunakan warna dengan kode  0a0a1d , warnanya akan ke arah biru gelap. Setelah dipilih lalu tekan OKSetelah memilih warna, tapi tidak terjadi perubahan warna pada gambar, hal itu terjadi karena kita baru memilih warnanya saja belum menerapkan warnanya. Cara menerapkannya yaitu dengan memilih menu yang ada pada menu bar Edit  Fill with FG Color atau dengan menggunakan shorcut (Ctrl+,). Maka akan nampak seperti ini.
  3.  Pilih Text Tool yang ada pada toolbox atau dengan menekan tombol T pada keyboard, lalu ubah pula warna pada Foreground Color menjadi warna putih dengan menekan tanda panah. Kemudian klik pada background gambar dan tuliskan kata yang diinginkan.  Dan atur jenis font, ukuran font, justify  dan pengaturan lainnya pada menu Text, atau dapat diatur langsung pada bagian atas dari tulisan yang dibuat. Serta jangan lupa untuk menekan Move Tool (Tombol M) pada  setiap kali selesai membuat sesuatu.  Selesailah tahap awal dalam pembuatan 3D text effect yakni menuliskan teks dan mengaturnya.
  4. Pilih layer teks yang dibuat pada bagian kanan dari window, lalu kurangi opacity dari teks tersebut. Kemudian buat layer baru dengan menekan pada bagian bawah layer yakni Create a new layer. Dan pastikan Fill with nya Transcaparency. Klik OK, maka akan terbuat layer baru yang transparan. Ubah warna layer yang diibuat tadi dengan mengubah warnanya pada Foreground Color. Lalu pilih Ellipse Tool dan klik serta drag pada background gambar.

    Lalu pilih Gradient Tool  dan atur mode : Normal, Opacity : 100, Gradient : FG to BG (HSV clockwise hue) dan Shape : LinearKlik dan drag pada background, serta hilangkan seleksinya dengan ke menu Select  None (Shift + Ctrl + A). Lalu perkecil ukuran lingkarannya menggunakan Scale Tool, dengan menekan salah satu pojok dari seleksi. Klik OK Selanjutnya, pilih layer dari warna yang telah dibuat, lalu klik kanan dan pilihAlpha to selection. Dan copy layer tersebut dengan menekan copy pada menu bar Edit atau dengan menekan Ctrl+C. Serta non-aktifkan layer warnanya.

  5. Langkah berikutnya, buat layer baru seperti pada langkah 4 dan buat juga garis pada teks dengan menggunakan Path Tool. Lakukan hal tersebut pada setiap huruf yang telah dibuat dan sesuaikan garis dengan bentuk teksnya agar hasilnya lebih bagus. Sampailah pada tahap akhir dari pembuatan 3D Text effect, yakni membuat efek 3D nya, caranya dengan memilih Stroke Path maka akan muncul Stroke Path box. Pastikan Stroke with a paint tool menggunakan Paintbrush. Klik Stroke dan jangan lupa pula tekan Move Tool.

    Setelah me-non-akftikan layer teksnya. Maka jadilah 3D Text effect yang dibuat dengan GIMP

  6.  Terakhir export gambar yang telah dibuat dengan cara pilih File Export as (Shift + Ctrl + E). Ubah nama filenya sesuai keinginan, lalu klik Dan inilah hasilnya. Dan buatlah teks dengan kreasi anda sendiri. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Artikel Terkait

Satu komentar pada “Tutorial 3D Text Effect di GIMP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.