Upgrade Skill ta di Free Software, maka

Bismillahirrahmanirrahim.

Free software, akhir-akhir ini terus menjadi bahan perbincangan khususnya di kalangan mahasiswa. Kenapa? Karena ada beberapa orang yang “mulai membuka mata” dan “melihat dari sudut pandang hati” terkait penggunaan software. Bagaimana tidak, kebutuhan mahasiswa untuk menggunakan beberapa ‘software tidak bebas’ semakin banyak. Hal ini tentu sangat memprihatinkan karena diketahui bersama bahwa diusia muda, kita memang harus untuk menggali potensi kita khususnya di bidang teknologi di era industri 4.0 yang aksesnya serba “Wifi” ini, tapi tidak dengan cara yang salah.

Ya, cara yang salah yaitu melanggar hak cipta software/surat perjanjian yang dikenal dengan lisensi software (sadar maupun tidak sadar), lalu parahnya membagikan dan mengajarkan ‘software tidak bebas’ tersebut kepada orang lain. Oleh karena itu, komunitas ‘Software Bebas’ terus menerus melakukan upaya (meski masih dipandang sebelah mata) untuk memasyarakatkan ‘Software Bebas’.

                                                     LibreOffice
                             InkScape

Contoh, memasyarakatkan LibreOffice (untuk menggantikan Microsoft Office) dan InkScape (untuk menggantikan Corel Draw) merupakan upaya yang sangat bagus. Karena, kedua software tersebut (Microsoft Office dan Corel Draw) paling banyak penggunanya, seperti untuk mengerjakan tugas kampus, persuratan lembaga, slide presentasi, desain spanduk, dan sebagainya.

Melihat upaya di atas, maka sudah seharusnya kita “mencambuk” diri kita untuk meng-Upgrade skill ta khususnya di bidang Free Software minimal di LibreOffice dan InkScape agar bertambah masyarakat di Indonesia yang “menghormati” pengembang dari software tersebut dan ahli di software tersebut. Mulailah dari diri kita untuk terus belajar,belajar, dan belajar, dan tentunya meluruskan niat kita, agar bisa menguasai beberapa free software lalu mengajarkannya. Inilah salah satu jembatan untuk kita agar bisa bermanfaat untuk orang lain.

Sebagaimana nasehat indah dari manusia teragung dan terbaik akhlaknya sepanjang masa, Rasulullah Muhammad shalallahu ”alaihi wasallam yang bersabda,

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”(HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289). [1]

Mungkin itu saja pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Jika ada yang benar sungguh itu datangnya dari Allah subhanahu wa ta’ala, dan jika ada yang salah itu datangnya dari penulis yang sangat bodoh ini. Oleh karena itu kami sangat butuh kritik dan saran dari pembaca untuk memperbaiki kesalahan kami.

Syukron Jazaakumullaahu Khairan.

Referensi:

[1] muslimah.or.id/6435-pribadi-yang-bermanfaat.html

 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.