WhatApp Desktop Software untuk GNU/Linux

Bismillaahirrohmaanirrohiim.

WhatsApp Icon (sumber: freepik.com)

WhatsApp merupakan salah satu media sosial yang menempati peringkat 3 sebagai aplikasi yang paling populer didunia saat ini dengan jumlah 1,5 Milyar pengguna. Pengguna software biasanya menggunakan media sosial versi Desktop saat ingin on-line dikomputer mereka agar mudah saat memindahkan file yang berada di komputernya ke media sosial tersebut. Namun, tidak semua media sosial menyediakan versi Desktop seperti WhatsApp dan Instagram. Untuk Instagram Desktop telah tersedia software nya yaitu Ramme. Kalau WhatsApp?

Nah, saat penulis menulis tulisan ini, penulis sudah mencari WhatsApp Desktop  dan ternyata muncul satu website yang membahas tentang WhatsApp Desktop ini. Ya, namanya bukan Instagram Desktop, melainkan Whatsdesk1.

Whatsdesk merupakan unofficial software WhatsApp Desktop untuk pengguna GNU/Linux. Teman-teman pengguna GNU/Linux bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pastikan komputer Anda terhubung dengan Internet, lalu buka terminal.
  • ketik sudo apt update
  • ketik sudo apt install snapd
  • ketik sudo snap install whatsdesk
  • Setelah semuanya selesai, ketikkan di pencarian Whatsdesk

Sedangkan pengguna Windows dan Mac bisa mengunduhnya disini. Penulis sendiri menggunakan Linux Lite, jadi penulis mengunduh master dari Whatsdesk yang berformat *.deb. Tampilan dari Whatsdesk seperti pada gambar berikut ini:

Mungkin itu saja tulisan kali ini, semoga bermanfa’at untuk penulis dan pembaca sekalian. Kalau ada yang benar itu datangnya dari Allah subhanahu wa ta’aalaa, dan yang salah itu dari kebodohan penulis yang masih belajar ini. Jangan lupa komentar dan kritik serta masukan dari pembaca dih di kolom komentar dibawah. Ajak teman Anda untuk menggunakan Free Software agar membantu komunitas Free Software memasyarakatkan Free Software di Indonesia dan seluruh dunia.

Syukron Jazaakumullaah Khair wa Baarakallah Fiikum.

Rujukan:
[1] https://snapcraft.io/install/whatsdesk/ubuntu oleh Gustavo Gonzalez (zerkc)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.