Belajar Mengajar ‘Software Bebas’ ke Teman ta, Unfaedah ?

Bismillahirrahmanirrahim.

Web Design Website Coding Concept [1]
Free software atau orang Indonesia menyebutnya software bebas merupakan software yang memenuhi hak penggunanya dalam menggunakan (USE), pelajari (STUDY), modifikasi (MODIFY), bagikan/copy-kan/instalkan (SHARE), dan memperjualbelikan jasa instal (JUAL BELI) software tersebut. Contoh software bebas sudah kami paparkan di tulisan kami berikut: Menggunakan Software Bukan Mengkriminalkan Pengguna, Tapi

Namun, apakah sampai disitu saja? Saya rasa, kita harus menengok hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289)[2].

Jadi, jika Anda termasuk orang-orang yang sedang/pernah menggunakan/diajari tentang software bebas, maka ajarkanki ke teman-teman ta. Kenapa? Unfaedah?

Tidak. Justru ini saaangat ber-faedah. Ingatlah terus sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di atas, maka Anda akan termotivasi untuk mempelajari dan mengajarkan tentang software bebas dan secara tidak langsung akan menarik teman-teman ta yang masih terperangkap dengan nonfree software (software tidak bebas) semisal Windows dan Microsoft Office.

Sekali lagi bukan unfaedah, tapi ber-faedah (bermanfaat), terutama untuk diri Anda sendiri dan bisa menjadi amal jariyah untuk kita. Sebagaimana Firman Allah subhanahu wa ta’ala dalam Al Qur’an surah Al Isra ayat 7,

“…Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri…”

Juga sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Barangsiapa membantu keperluan saudaranya, maka Allah akan membantu keperluannya.” (Muttafaq ‘alaih)[2]

Jadi, manfaatkan momentum ini, terus belajar,belajar, dan belajar terkait software bebas (sembari Anda mempelajari juga Ilmu Syar’i [Al Qur’an dan As Sunnah]) lalu mengajarkannya agar Anda bisa memperoleh manfaat hidup di dunia dan menjadi bekal ta nanti ke akhirat kelak.

Mungkin itu saja, semoga postingan kali ini bermanfaat untuk Anda. Kalau ada yang benar itu datangnya dari Allah subhanahu wa ta’ala, kalau ada salah dalam bahasa dan tulisan ini datangnya dari kami. Oleh karena itu kami sangat mengharapkan kritik dan masukan Anda di kolom komentar untuk dibahas bersama atau request topik yang diinginkan untuk kami terbitkan di postingan selanjutnya. Jika dirasa bermanfaat, tolong untuk di bagikan ke teman-teman Anda agar mereka juga bisa mempelajari dan mengetahui informasi pada postingan ini.

Syukron, Jazaakumullahu Khairan.

referensi:

[1] freepik.com/free-photos-vectors/business
[2] muslimah.or.id/6435-pribadi-yang-bermanfaat.html

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.