Cara buat tombol untuk berpindah frame pada macromedia flash

Ketika kita hendak membuat media yang interaktif menarik menggunaka aplikasi Macromedia flash, ada 2 hal yang pokok yang harus ada dalam media tersebut yaitu pembuatan animasi dengan movie clip dan pembuatan tombol untuk perpindahan antar frame. Untuk pembuatan animasi menggunakan movie clip telah dibahas pada artikel sebelumnya. Sekarang akan dibahas tentang tutorial pembuatan tombol untuk perpindahan antar frame.  Adapun cara membuatnya yaitu sebagai bertikut.

  1. Buka dokumen baru pada aplikasi macromedia flash sehingga tampilannya sebagai berikut

  1. Klik Ikon Rectangle tool () pada toolbox atau cara mudahnya tekan huruf “T” pada Kemudian buat persegi panjang berikut.

  1. Klik ikon Text Tool () pada toolbox atau cara mudahnya tekan huruf “T” pada keyboard kemudian tuliskan kata yang ditampilan diatas persegi panjang, misalnya kita tulis “Next”.

  1. Blok semua objek yang telah dibuat (persegi panjang dan tulisannya) lalu klik kanan pada objek yang telah diblok tersebut. Sehingga tampilannya seperti berikut. Lalu pilih convert to symbol..

  1. setelah menklik Convert to symbol.. akan muncul kotak dialog, kemudian silahkan ketik nama tombolnya lalu pilih Button seperti gambar berikut

  1. Klik OK, maka objek tersebut sudah berbentuk tombol. Cara membuat Tombol yang menarik
  2. Klik frame 2 pada layer 1 kemudian klik kanan lalu Insert blank keyframe atau cara mudahnya tekan F6 pada Seperti gambar berikut

  1. Selanjutnya klik ikon text tool () pada toolbox lalu buat tulisan “Ini Frame 2” pada frame kedua tersebut. Silahkan dihapus tombol next yang telah dibuat pada frame 2.

  1. Klik frame 2, kemudian pilih Action-frame pada bagian bawah, lalu ketik stop ();

  1. Kembali ke frame 1, lalu lakukan hal yang sama yaitu mengetik stop(); pada Action-Frame nya
  2. Klik tombol next yang telah dibuat sebelumnya lalu klik Action-Button pada bagian bawah

  1. Pada Action-Button ketik syntax berikut

  1. Jika sudah selesai Tombol sudah bisa digunakan untuk berpindah ke frame kedua (jika hendak ke frame yang diinginkan tinggal mengganti angka 2 pada syntax di atas dengan angka yang sesuai dengan frame yang diinginkan)
  2. Untuk Melihat hasil yang telah dibuat silahkan tekan Ctrl+Enter pada keyboard

Demikkianlah tutorial membuat tombol untuk berpindah antar frame pada aplikasi Macromedia Flash. Tutorial ini masih sebatas cara membuat hal-hal yang sederhana jadi silahkan kembangkan sendiri kemampuan anda dengan banyak latihan dan mencoba. Terima kasih Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

 

 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.