Seri 7 Belajar LibreOffice: Replace Microsoft Office Dengan LibreOffice

Bismillahirrohmaanirrohiim.

Microsoft Office (MSO) merupakan salah satu nonfree software (software tidak bebas) yang paling banyak penggunanya di seluruh dunia, apalagi di Indonesia. Mulai dari siswa, mahasiswa, guru, pengusaha, karyawan, dosen, dan mayoritas pekerja lainnya menggunakan nonfree software yang satu ini. Ya, MSO memang memiliki daya tarik karena mudah digunakan, didukung juga oleh sekolah/instansi/kampus yang dari awal mengajarkan dan memberikan tugas kepada siswa/mahasiswa/karyawannya yang harus diselesaikan menggunakan MSO. Padahal, ini merupakan penanaman Akhlak yang buruk. (baca juga : Serial LibreOffice 6 : Dibalik Akhlak Para Pengguna Software)

Mengapa penanaman Akhlak yang buruk? karena mengajarkan siswa/mahasiswa/karyawannya menggunakan (entah sadar maupun tidak sadar) nonfree software PLUS dengan cara ilegal. Dimana Ilegalnya? karena menggunakan MSO secara penuh melalui aktivasi yang tidak resmi. Harga lisensi dari MSO bisa dilihat di Microsoft Indonesia atau Viraindo. Namun, jangan khawatir, perusahaan The Document Foundation menawarkan kepada kita semua untuk menggunakan free software untuk perkantoran buatan mereka, yaitu LibreOffice

LibreOffice tidak membebani Anda untuk membeli lisensi jika ingin menggunakannya secara penuh. LibreOffice memberikan Anda fasilitas yang sangat lengkap yang bisa me-replace fasilitas yang biasa Anda gunakan di MSO. LibreOffice memberikan Anda kemudahan dalam mengunduh versi terbarunya hanya dengan modal WiFi saja (unduh versi terbarunya di LibreOffice Official Website). LibreOffice berusaha memberikan tampilan yang menarik dan fitur-fitur yang memudahkan Anda dalam mengerjakan tugas sekolah/kampus/kantor Anda. LibreOffice juga mengajarkan kita untuk mandiri dan terbiasa mengetik kode saat ingin memasukkan Formula (jika di MSO dikenal dengan Equation). Kesimpulannya, LibreOffice membebaskan kita untuk menggunakan, mempelajari, memodifikasi, membagikan, dan memperjualbelikan jasa instalasinya secara bebas tanpa batas.

Jadi, penulis mengajak kepada teman-teman sekalian untuk me-REPLACE MSO dengan LibreOffice. Jika masih susah move on untuk me-REMOVE MSO, Anda bisa memasang LibreOffice di Laptop/NB Anda (baik itu GNU/Linux, Microsoft maupun Mac) dan mengunduh panduan menggunakan LibreOffice khususnya LibreOffice Writer (serupa tapi tak sama dengan MSO Word). Anda bisa mengunduh panduannya disini. Setelah Anda memasang dan mengetahui satu atau dua pelajaran menggunakan LibreOffice, ajak juga teman Anda untuk melakukan seperti yang Anda lakukan diatas.

Mungkin itu saja tulisan kali ini, semoga bermanfa’at untuk penulis dan pembaca sekalian. Kalau ada yang benar itu datangnya dari Allah subhanahu wa ta’aalaa, dan yang salah itu dari kecerobohan dan kekhilafan penulis yang masih belajar ini. Jangan lupa komentar dan kritik serta masukan dari pembaca dih di kolom komentar dibawah.

Syukron Jazaakumullaahu Khairan.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.