Pelatihan Rutin LABKOMMAT – Edisi Belajar Inkscape #1

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Alhamdulillaah, segala puji hanya milik Allaah, yang telah memberikan kita kesempatan dan kemudahan untuk melaksanakan kembali program rutin LABKOMMAT, yaitu pelatihan rutin setiap pekannya terkait software. Saya memohon kepada Allaah Yang Maha Mulia, Rabb arasy yang Agung, agar pembaca diberi perlindungan di dunia dan akhirat, dan agar pembaca diberkahi di manapun pembaca berada, serta agar pembaca dijadikan sebagai orang yang, apabila diberi ia bersyukur, apabila diuji ia bersabar, dan apabila berlaku dosa ia memohon ampun.

Semoga shalawat dan salam, rahmat dan berkahNya Dia curahkan kepada manusia pilihanNya, penutup para nabi dan rasulNya, yaitu teladan panutan kita, Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam, kepada keluarganya yang suci dan segenap sahabatnya. Semoga rahmat dan maghfirahNya diberikan pula kepada para tabi’in dan segenap para pengikutnya yang setia hingga Hari Pembalasan kelak.

Selanjutnya, tulisan ini akan membahas tentang pelatihan yang telah dilakukan hari ini, Ahad 12 April 2020, dengan pembahasan salah satu free software (baca: perangkat lunak bebas) untuk desain grafis yang bisa digunakan di GNU/Linux, Windows, dan Mac, yaitu Inkscape.

Pemateri dalam pelatihan kali ini adalah kak Alif Rezky, founder Laboratorium Komputer Muslim (LABKOMMUS) yang merupakan alumni Supporting Staff Laboratorium Komputer Jurusan Matematika (LABKOMMAT) FMIPA UNM prodi pendidikan matematika (kelas A2) angkatan 2015. Adapun Supporting Staff aktif yang mengikuti pelatihan kali ini antara lain:

  1. Rahmatsyah Firdaus
  2. Fandi Meylwan Hasnur
  3. Danial Fanzeka
  4. Moh. Alfi Amal
  5. Rosmawati
  6. Muwahhidah Al-Atsary
  7. Nur Fadillah Musfira
  8. Rezky Fadillah Kasim
  9. Nurhalizah R
  10. Hikma Aulia
  11. Ilmi Nurfaizah Rustam
  12. Ghina Farida

Pelatihan ini dimulai dari jam 09.00 sampai 11.30 WITA via aplikasi Zoom. Materi yang disampaikan yaitu kenalan dengan Inkscape. Kalian bisa menyaksikan rekaman video dari pelatihan ini pada kanal Youtube LABKOMMUS berikut:

Dalam pelatihan ini, seluruh Supporting Staff diajak untuk membuat desain poster sederhana yang telah ditetapkan oleh pemateri. Temanya yaitu sebagai berikut:

Alif Rezky

Berikut hasil desain mereka selama pelatihan ini (diurutkan berdasarkan yang terbaik menurut kak Alif, dan 3 terbaik mendapatkan hadiah yah hihi) :

  1. Muwahhidah Al-Atsary (Kelas A2 2017)
  2. Fandi Meylwan Hasnur (Kelas B 2017)
  3. Nur Fadillah Musfira (Kelas A2 2018)
  4. Hikma Aulia (Kelas B 2018)
  5. Rahmatsyah Firdaus (Kelas B 2017)
  6. Moh. Alfi Amal
  7. Rezki Fadillah Kasim (Kelas A2 2018)
  8. Ghina Farida (Kelas ICP 2018)
  9. Danial Fanzeka (Kelas A2 2017)
  10. Rosmawati (Kelas ICP 2017)
  11. Ilmi Nurfaizah Rustam (Kelas B 2018)
  12. Nurhalizah R (coming soon)

Nantikan tulisan kami selanjutnya yah, dan semoga tulisan ini bermanfa’at dan bisa menginspirasi kalian untuk menggunakan free software. Berdasarkan itu semua, dengan memohon pertolongan kepada Allaah, penulis membagikan tulisan ini sebagai bentuk kepedulian penulis, bukan hanya kepada diri penulis, tapi untuk umat manusia secara umum. (silahkan dibaca juga: Pengalaman kak Alif terkait Software).

Ya Allaah, Tuhan Pelindung kaum beriman, Pemelihara hamba-hamba yang shahih, jadikanlah pekerjaanku di dalam menulis tulisan ini sebagai amal yang benar lagi diterima dan upayaku di dalamnya sebagai upaya yang diridhai dan disyukuri. Ya Allaah, berikanlah manfaat kepada siapa saja yang mempelajari lalu mengamalkannya, selamatkanlah dengan tulisan ini siapa saja yang Engkau kehendaki di antara hamba-hambaMu yang bimbang dan ragu, dan berilah petunjuk melalui pedoman ini kepada siapa saja yang berhak untuk mendapat hidayahMu. Sesungguhnya hanya Engkau jualah yang kuasa melakukan semua itu. Semoga shalawat dan salam tetap Allaah limpahkan kepada Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam, keluarga dan segenap sahabatnya.

Jazaakumullaahu Khairan wa Baarakallaahu Fiikum.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.